Thursday, June 12, 2008

Susah Booting karena Kabel IDE Sinting

Malam...

Sudah beberapa hari ini komputer server kalo dipasangi optical drive jadi susah booting. Memang sih gejalanya kayak harddisk ada bad sector : lampu HDD nyala terus, tapi booting nggak masuk masuk Windows. Udah pernah saya scandisk dan memang ada bad sector-nya gara-gara waktu dulu UPS batrenya drop. Jadi mati listrik server mati juga !  waah..makan gaji buta tuh UPS !

Anyway busway..karena ada yang mau burn ke CD, akhirnya saya pake komputer client1, dan saya masukkan optical drive ke komputer tersebut. Tapi ternyata hasilnya sama : komputer susah booting ! Padahal komputer itu sehat dan segar bugar.

Well akhirnya saya temukan masalahnya pada kabel IDE-nya.



Walaupun keliatannya bagus tapi sebenarnya ada satu bagian kabel yang putus, atau mungkin juga hubungan ke konektornya yang longgar. Soalnya saya suka narik dari kabelnya, bukan kepala konektornya. Abis saya males sih, hehehehe :D

Setelah ganti dengan yang baru sistem booting tanpa masalah.

No comments:

Post a Comment