Sunday, June 8, 2008

Modifikasi Fan LGA 775

Halo halo ! Opo kabare...hararade yeuh !

Beberapa hari yang lalu komputer di warnet saya mulai bertingkah. Tadinya sih hanya satu komputer saja. Tapi menular ke beberapa komputer lain yang berbasis sama (CPU Celeron 2.8 GHz LGA) Gejalanya komputer tiba-tiba mati, semati-matinya. Nggak ada notifikasi sebelumnya. Proses matinya pun bukan lewat shutdown. Tapi seperti mati listrik gitu.

Penyelidikan pun dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Menyelidiki sistem : Adakah virus yang menghinggapi sistem ? soalnya ada beberapa varian virus yang punya kebiasaan me-restart sistem. Pilihan ini jelas tidak ada di komputer yang bermasalah tersebut. Sebab gejala matinya seperti ada permasalahan listrik.

2. Pemeriksaan tegangan kerja AC 220 V : Hasil pengukuran menunjukan 210-215 v. Cukup masuk akal dan power supply masih bisa bekerja dengan baik pada level tegangan ini.

3. Pemeriksaan temperatur : BIOS menunjukan putaran fan 2800 RPM dan temperatur CPU 75 derajat Celcius.

Dari hasil pemeriksaan diatas sebenarnya tidak ada masalah pada sistem. Tapi langkah pertama yang saya lakukan untuk memperbaiki kerusakan diatas adalah :

1. Ganti power supply : Masih tetap sama..Ternyata tegangan AC bukan penyebabnya.

2. Clear CMOS BIOS : Tidak juga

3. Scan sistem untuk meneliti apakah ada virus : Tidak juga.

Ternyata setelah penyelidikan yang cukup intensif saya temukan fan CPU LGA 775 yang berputar sangat rendah ! Walaupun fitur Smart Fan (yang mengatur putaran kipas sesuai suhu) di-nonaktifkan, putaran kipas sangat-sangat rendah.

FAN original LGA 775

Penasaran saya matikan sistem, lalu mencoba memutar kipasnya dengan tangan. Ternyata dengan tangan pun kipas terasa berat. Seperti ada yang menahan putarannya. Bahkan di komputer yang lain kipasnya sudah hampir tak bisa digerakkan.  Akibatnya Heatsink tidak efektif melepas panas. CPU pun tanpa ba-bi-bu langsung menghentikan tugasnya.

PENYELESAIAN :

Mau tidak mau kita harus ganti fan CPU-nya. tapi fan LGA ini nggak bisa dibeli terpisah. Harus dengan paket heatsink-nya. kalau di Bogor sini harga Fan+heatsink LGA berkisar Rp. 55.000-an. Tapi rugi karena heatsink yang lama nggak terpakai.

Kebetulan ada banyak ekstra fan yang biasa dipakai di casing. Maka muncullah ide nyeleneh saya, yaitu mengganti fan LGA dengan ekstra fan. Bagaimana caranya :

1. Buka/lepaskan fan LGA yang lama dari heatsink-nya. caranya mudah sekali. Pada dua ujung kipas ada pengait yang membuat kipas dan rangkanya menempel ke heatsik. Congkel saja dengan obeng atau benda pipih.

2. Patahkan tiap ujung dari rangka kipas (ada empat sudut yang menahan kipas dengan rangkanya) dengan tang hingga yang tersisa adalah rangka kipasnya :

Rangka LGA


3. Masukkan fan standar ke dalam rangka fan LGA. Pastikan ukuran fan yang akan kita pakai pas. Biasanya sih ekstra fan casing sudah sama ukurannya :



ekstra fan sebelum dipasang



ekstra fan setelah dipasang ke rangka fan LGA-lama


Setelah masuk ke rangka LGA, ikat atau kencangkan dengan isolasi. Contoh diatas saya ikat dengan isolasi hitam di sekeliling rangka LGA-nya. Tentunya ini tergantung selera anda. Mau pakai tali rapia, kawat atau tali kutang juga boleh..wkwkwkwk...


Ingat posisi fannya ! posisi terbaik adalah membuang udara panas dari heatsink. Bukan menyedot udara luar ke heatsink. Lihat contoh gambar diatas.


 


4. Masukkan kembali rangka LGA ke heatsink. Langkahnya kebalikan dari melepasnya.


Fan Mod in Action !


Beres deh !


tapi fan "abal abal" ini ada kelemahannya. Putaran fan nggak bisa diatur, sebab tegangannya mengambil langsung dari soket power supply. dan juga cukup berisik jika pakai ekstra fan yang murahan. Tapi keuntungannya suhu CPU lebih rendah.


Dengan pemecahan masalah diatas berarti akar penyebabnya ada di suhu CPU yang meningkat drastis dan tidak dibuang oleh kipas.


Catatan si GO.....!!!! BLOG :


Kipas LGA ini baru berusia enam bulan ! Terhitung pemakaian mulai Januari 2008, tapi enam komputer yang berbasis Celeron 2.8 fannya sudah rusak. Ini bisa berarti :


1. Produk fan-nya yang memang "abal-abal" ; atau


2. Pemakaian perhari yang tinggi. Sebab perhari komputer hidup mulai pukul 08.00-00.00 (rata-rata hidup 10-11 jam) ; atau


3. Suhu di dalam casing tinggi sehingga fan LGA "menyerah". Setelah permasalahan ini saya pasang satu fan di depan casing untuk menyedot udara segar masuk dan satu fan dibelakang casing untuk membuang udara panas keluar.


4. Sistem pendinginan CPU LGA payah !!! Heatsink hanya mengandalkan plastik pengait seupil sebanyak 4 buah yang mengaitkan heatsink/pendingin ke motherboard. Gampang patah lagi ! Masih lebih baik sistem pendingin soket 478 dan AMD. Sebagai perbandingan untuk PC Game Center menggunakan Athlon X2 tanpa kipas depan dan belakang sampai sekarang masih Joss !!

24 comments:

  1. kok sama ya
    ciakak
    mantab
    mang fan lga 775 abal2

    ReplyDelete
  2. ya lo bro...kata temenku yang jualan hardware memang fan LGA bukan orisinil Intel nggak akan bisa berputar pas > 3000 RPM....Bahkan fan yang baru saya beli putarannya cuma sampai 2500-an RPM...ini berarti temperatur bisa sampe 60 derajat celsius... :( :((

    ReplyDelete
  3. bagus nih ilmunya......kayanya hampir semuanya ngalamin hal sama. gw sm tmn kos aja lieur gara-gara tingkah ni kipas. thaks cuy modifannya.....langsung ke TKP ah.........

    ReplyDelete
  4. Nuhun..Intel kayanya salah langkah nih bikin model pendingin "aneh" gini

    ReplyDelete
  5. Di balik sticker fan ada lobang rotor-nya, kalau saya dilobang tersebut saya teteskan wd40 (kalau gak ada pake minyak goreng gpp), trus fan-nya diputar2 pake tangan sampai lancar (teteskan lagi kalau masih seret). kalau sudah tutup lagi pake lakban.

    ReplyDelete
  6. Ya..itu juga bisa... :-D... Modifikasi saya ini waktu itu dalam keadaan darurat :D :D dan tidak ada lubricant..hehe..tapi sekarang saya sediakan untuk keadaan darurat..

    ReplyDelete
  7. Saya mau tanya.. bisa tidak extra van hidup tanpa harus menggunakan power supply.. Sebab saya mau menambah kan kipas di dalam pc saya. Karena pc saya selalu hidup 24 jam. Gimana cara nya me modifikasi extra fan tanpa harus menggunakan power supply? (langsung kelistrik maksud saya) TqTqTq...

    ReplyDelete
  8. Bisa saja :
    1. Menggunakan power supply eksternal yang menyuplai tegangan 12V ke ekstra fan. Power supply ini bisa berupa adaptor biasa atau power supply komputer.

    2. Menggunakan fan 220V. Tapi biasanya fan 220V ini berdiameter besar. Saya belum tahu apa ada yang ukuran kecil.

    ^^ cmiim

    ReplyDelete
  9. tanya disini boleh ndak ya??
    tanya ya, saya dapat masalah, cpu beberapa hari yg lalu muncul pesan "cpu fan error", lalu saya biarkan. eh hari ini tau2 ndak bisa nyala sama sekali. trus tak cek kabel power, ndak masalah, akhirnya vonis kujatuhkan kepada psu. udah saya ganti, eh malahan pas kabel power tak tancepin, lampu led di tombol power menyala, tapi dgn keadaan cpu yang hanya terdiam. saya coba tekan tombol powernya, eh ndak mau nyala tuh cpu. akhirnya aku coba cek fan, eh emang bener kaya yg dibilangin sama si mas, diputer pake tangan kerasa berat. trus dah tak ganti dgn fan yg baru. namun blm keliatan hasilnya soalnya cpu blm sukses menyala, huwaaa..!!!
    ada apa ya dgn cpu saya??
    mas tau ndak kira2 masalahnya ada dimana..?
    usia pc baru satu tahun, mau tak service, garansi abis..
    huwaa..!!!

    ReplyDelete
  10. hmm...coba clear dulu CMOS-nya. Caranya dengan mengubah posisi jumper CLR CMOS ke posisi clear-nya (refer ke buku manual mengenai cara clear CMOS ini). Atau gampangnya lepas saja batre CMOS yang di mainboard selama beberapa detik trus pasang lagi. Biasanya trik ini berhasil. Tapi setelah clear CMOS data-data BIOS seperti tanggal waktu dan lainnya harus dimasukkan ulang.
    Jika tidak ngèfek (masih tidak nyala) berarti..... :
    1. lepas dan pasang kembali memori
    2. Lepas dan pasang lagi VGA Card
    3. ....Prosesormu yang terlanjur kepanasan dan mati :((.

    Biasanya poin 3 yang kemungkinan terjadi. Tapi sebenarnya prosesor punya fitur proteksi jika ada panas berlebihan pada dirinya.
    cmiiw

    ReplyDelete
  11. waduh mas... kayak repot deh dengan tips kayak tadi. mendingan di tetesin pelumas.
    klo kipas lga atau kipas² yang lain muternya rendah atau terasa berat tinggal kasih oli atau minyak sayur. biasanya di tutupi logo intel, nah logo dilepas terus kasih oli atau minyak pelumas kayak oli, minyak sayur, anti karat atau tiner juga bisa. setelah di kasih minyak tersebut tinggal di puter² pake tangan. beberapa detik kemudian kipas akan kembali normal. Manfaatkan barang sekitar anda. ini udah saya lakukan sering kali, bahkan bukan cuma kipas prosesor aja, namun kipas di rumah kita juga sama.

    ReplyDelete
  12. Ya betul gan. Tapi mengulang kembali komen saya diatas. Saat itu saya nggak ada minyak2 an/pelumas jadi sambil iseng ganti kipas aja ^^

    ReplyDelete
  13. mas pernah ngecek temperaturnya ga setelah diganti fan dengan ekstra fan??? kira terjadi penurunan yang signifikan atau yang laen??

    ReplyDelete
  14. mo nanya bbrp hal mas...
    1.itu fan celeron klo umur pendek,brarti ente beli dapetnya yg tray dgn hsf abal2 yg pake sleeve bearing...hal lumrah dan normal klo dipake kerja paksa bentar aja dah KO
    2.klo anda ganti pake fan abal2 juga,seharusnya minimal ganti dgn yg 3 kabel,yg ada sensor RPM coz AFAIK bbrp mobo menolak nyala klo sensor gak detek adanya putaran di CPU fan header di mobo...meski bisa juga diakali dgn menancapkan fan casing yg 3 kabel ato di bbrp mobo,mematikan sensor deteksi fan cpu...
    3.itu koq sampeyan masang kipasnya kebalik?AFAIK,sisi yg ada label fan-nya itu arah angin keluar,yg mana harusnya berada di sisi dalam biar angin dingin didorong ke heatsink,klo kek di foto sampeyan,yg ada malah udara panas dari heatsink ditarik paksa sama fan biar lepas dari heatsink,yg menurut saya kurang optimal...
    4.klo mo sekalian keluar uang,mending cari yg jual hsf ori intel copotan dari temen2...harga pasti gak jauh2 dari 50rb...rugi besar klo beli yg sama abal2nya...dgn pake hsf ori,anda pasti dapat fan ball bearing,yg lifetimenya lebih panjang dari fan abal2 yg make sleeve bearing...

    ReplyDelete
  15. Yo'i brur.. FAN abal-abal emang gak awet.
    Soal posisi memang sengaja saya bolak-balik biar ketahuan mana yang menghasilkan temperatur terendah.. Pada kasus ini tutup casing saya buka jadi fan menghisap bukan membuang ^^

    ReplyDelete
  16. wah mantap !!!!!!!!!!! :D
    masalah ini sama dengan saya.

    tapi kok mobo saya bau gosong ya?

    ikutan ah triknya......

    thanks mas.... salam kenal :D

    ReplyDelete
  17. bau gosong kemungkinan sudah overheat sejak lama dan baru ketahuan sekarang. Silakan dicoba triknya. Tapi sebelum itu coba semprot dulu sumbu kipasnya dengan WD40 atau yang sejenisnya.
    Terima kasih ^^

    ReplyDelete
  18. assalamualaikum wr.wb.
    kk ane jualan char pb (point blank) nh,. pangkatnya v3 kutip 4
    head shot (HS)505 win= 400 lebih lose= 200 lebih , tapi ga lebih bngt paling 250 woke

    ReplyDelete
  19. assalamualaikum wr.wb.
    kk ane jualan char pb (point blank) nh,. pangkatnya v3 kutip 4
    head shot (HS)505 win= 400 lebih lose= 200 lebih , tapi ga lebih bngt paling 250 woke
    point nya 33000 gudang senjata


    harganya 700 rbu
    yang berminat telp ke no ini 085881779961

    ReplyDelete
  20. wah wah... nanti sy sampein ke anak2 sini.. siapa tau ada yg minat

    ReplyDelete
  21. nice info omm.....
    kalo di ganti apa haru di bawah ke toko kita beli fan=heatsink nya?? kalopasang sendiri copotnya gimana??? ga ngerti saya..

    mohon bantuannya ommm

    ReplyDelete
  22. Yah untuk satu paket yang dijual adalah Heatsink+Fan. Untuk melepasnya memang perlu teknik tersendiri. Aha jadi bahan Blog nih ^^..ditunggu yah artikel "car a melepas fan LGA 775" ^^

    ReplyDelete
  23. Saya jg pernah coba trik spt pd lga celeron 3.0 ghz sblmnya suhu bisa lebih dari 60' C ttp stlh sy rombak turun drastis 40'c.... ini cukup bagus,
    bila udara mengarah ke procsr suhu mainboard juga ikut naik
    air flow Fan saya arahkan keluar dr Hestsink dgn fan yg lebih besar & tutup casing dibuka / ditambah kipas utk membuang udara keluar......... :)

    ReplyDelete
  24. makasih mas...ga jadi beli...:D salam , wasweswus (kaskuser)

    ReplyDelete