Sunday, December 18, 2011

[Android] Cara Upgrade Firmware Android Pada Samsung Galaxy Y-GT S5360

Seperti halnya pada komputer, smartphone berbasis Android pun bisa di-update firmwarenya.


Update firmware sebenarnya nggak begitu perlu buat pengguna biasa. Namun buat kisanak yang selalu mencari pengalaman penggunaan yang terbaik buat Android kisanak, maka upgrade firmware menjadi perlu. Rilis firmware yang dikeluarkan vendor pembuat smartphone biasanya selalu menitik beratkan pada perbaikan performa. Dan seringnya setelah upgrade firmware, smartphone tersebut akan menjadi lebih cepat dan lebih efisien.

Begitu juga smartphone Samsung Galaxy Y S-5360 saya. Setelah upgrade firmware ke dari versi 2.3.5 ke Gingerbread 2.3.6, penggunaan sehari-hari terasa lebih gesit, gejala lag saat berpindah aplikasi menjadi berkurang, dan manajemen memori yang lebih baik. Sebelum upgrade, sisa memori selalu dibawah 50 MB, namun setelah upgrade, sisa memori menjadi rata-rata 65-70 MB. Lumayan lah gan!

Upgrade firmware pada artikel ini mengacu pada smartphone Samsung Galaxy Y S-5360, dan komputer berbasis Windows XP SP2. Langkah upgrade firmware untuk smartphone kisanak bisa jadi berbeda. Tapi umumnya untuk smartphone Samsung sama saja langkah-langkahnya.

--

Persiapan Upgrade Firmware.

Sebelum terburu-buru melakukan upgrade firmware, mohon disiapkan dulu bahan-bahan yang dibutuhkan:

1. Software KIES PC Sync Samsung. Download disini, atau instal dari CD yang terdapat di box Samsung kisanak.

2. Microsoft .NET 4.0. Download disini

3. Kabel data yang disediakan di box Samsung kisanak.

4. Komputer ber-USB port. Spesifikasi bebas dan OS Windows. Asal jangan jadul-jadul amat.

5. Koneksi internet

6. Kondisi Baterai 100% terisi (PENTING)

--

Catatan super penting:

Pastikan baterai 100% terisi, kabel data menancap dengan baik ke USB port, dan posisikan kabel USB dan smartphone kisanak di posisi yang aman, tidak terganggu oleh apapun. Langkah ini wajib dilakukan, karena proses upgrade firmware tidak boleh terganggu di tengah jalan. Jika proses upgrade terganggu, maka smartphone kisanak cukuplah jadi ganjal pintu saja he he he :)

Saya tidak bertanggung jawab atas resiko yang timbul dari artikel ini. Lakukan dengan hati-hati, maka kisanak akan baik-baik saja.

--

Langkah-langkah Upgrade Firmware.

1. Instal Microsoft .Net 4.0.

Sebenarnya proses download Microsoft .Net 4.0 bisa dilakukan dari instalasi KIES PC Sync. Tapi ternyata software besutan Samsung ini cukup jelek untuk dijadikan software PC Sync resmi Samsung, jadinya banyak error disana-sini, dan si KIES PC Sync ini super duper lambat kerjanya! Jadi lebih baik download, dan instal secara terpisah Microsoft .Net 4.0-nya.

2. Instal KIES PC Sync. Sediakan kesabaran yang cukup untuk menunggu proses instalasi selesai.

3. Jalankan KIES PC Sync.

4. Lepaskan SIM Card, dan nonaktifkan Launcher lain selain Launcher bawaan Samsung. Bila perlu uninstal dulu aplikasi Launcher selain bawaan Samsung.

5. Nyalakan smartphone Samsung kisanak, dan tancapkan kabel data USB ke komputer dan ke smartphone.

Perhatian: Jangan gunakan USB di panel depan casing komputer, karena arusnya kurang tinggi. Tancapkan kabel data USB ke port belakang komputer.

6. Tunggu hingga KIES mendeteksi perangkat Samsung anda. Setelah beberapa saat, KIES akan menawarkan upgrade firmware. Klik UPDATE untuk melanjutkan.



7. Selanjutnya kisanak akan disuguhi tata cara upgrade firmware, centang yang ditandai merah seperti pada gambar, dan klik Start Upgrade.

[caption id="attachment_1186" align="aligncenter" width="468" caption="Gambar njiplak dari Google (Lupa bikin screenshot)"][/caption]

8. Proses selanjutnya KIES akan men-download file firmware, dan tunggu hingga selesai.

9. Proses selanjutnya KIES akan menyiapkan file firmware, membuka enkripsi file firmware dan memulai proses upgrade.



10. Setelah proses diatas, smartphone dan komputer kisanak TIDAK boleh mati, karena di tahap inilah proses upgrade firmware dimulai. Lama proses upgrade bergantung pada smartphone dan komputer yang kisanak gunakan.

11. Bila proses upgrade selesai, akan muncul konfirmasi bahwa proses ugrade firmware berhasil.

[caption id="attachment_1188" align="aligncenter" width="400" caption="Gambar njiplak dari Google (lupa bikin screenshot)"][/caption]

Setelah ada konfirmasi seperti diatas, selesai sudah proses upgrade firmware smartphone Samsung kisanak!

Jadi bagaimana? Berani mencoba? Semoga berhasil!

Saya tunggu juga kabar-kabar perbaikan-perbaikan yang terasa pada smartphone kisanak setelah firmwarenya diupgrade pada pojok komentar.

Assololey icik icik ehemm..

300 comments:

  1. terima kasih bantuannya brader... sukses dengan baik meski harus mengulang 4 kali.

    ReplyDelete
  2. harus lepasin sim card ya masbro??
    klo gak gmana???

    ReplyDelete
  3. Anonymous: ga usah lepas gan coz aplikasi yg kita install bakal tetep ada, root lgsg otomatis unroot...
    direcomendasikan update pas lagi koneksi dewa n stabil gan klo mw update via kies...
    #bantu jawab bang admin ^_^

    ReplyDelete
  4. Tq. Ada langkah yg sengaja sy tambahkan. Melepas sim card dan launcher pakai yg default. Soalnya sebelumnya proses upgrade selalu gagal.

    ReplyDelete
  5. Saya gagal dua kali pas proses persiapan upgrade. Setelah sim card dibuka. Dan launcher pakai yg default, proses upgrade lgsg berhasil gan.

    ReplyDelete
  6. Ada dua langkah yg memang sengaja sy tambahin gan. Lepas sim dan pakai launcher default. Soalnya sebelumnya sy gagal mulu upgrade firmware. Brgkali kebetulan aja yah gan hehe.

    ReplyDelete
  7. mas kalo koneksi internetnya kurang bagus..kalo ada putus di tengah jalan gimana..? apakah HP mengalami matot..

    soalya saya ada kasus nih samsung S5360 gambarnya tulisan gedhe banget..gara2 si user salah nginstal aplikasi...apakah sampean pernah juga mengalami hal seperti ini..solusi.?

    ReplyDelete
  8. Koneksi inet putus waktu proses upgrade gak masalah. Kies bakal nampilin pesan eror, dan balik ke layar utama. Saya dua kali ngalamin ini. Yg penting waktu proses terahirnya yg jangan terganggu.
    Tulisan jadi gede saya pernah ngalamin waktu ngubah lcd density di aplikasi ROM TOOLBOX.

    ReplyDelete
  9. Tambahan: koneksi internet cuma diperluin pas donlot file firmwarenya. Setelah itu inet gak kepake. Tks.

    ReplyDelete
  10. kalo tulisan jadi gedhe solusinya di apain mas...???

    ReplyDelete
  11. Bisa aja dengan uninstal aplikasi yg jadi biang masalah. Pelan pelan dicoba masuk ke setting-manage application. Karena resolusi yg jadi besar, biasanya tap tombol juga jadi ngaco. Solusi lain bisa dicoba uninstal aplikasi lewat kies (saya blm tau caranya)
    Atau upgrade firmwarenya.

    ReplyDelete
  12. firmware upgrade encutered an issue.please selecct recovery mode in kies & try again.


    upgrade pertama gagal karena kartu sim masih nyangkut di dalam hape..aku upgrade terus aku tinggal tidur,bangun bangun jadinya seperti ini mas..? aku konekin lagi cuman loading conec USB terus mas..jadinya engga bisa conec..

    ReplyDelete
  13. Memang banyak yg ngalamin gitu gan. Makanya sy tambahin langkah cabut sim card. Untuk mengatasinya ada dua cara.
    1. Pindahin kabel data ke port usb lain. Driver2 akan dimuat ulang sama windows.
    2. Kalo hape sampai gak bisa dipake, terpaksa upgrade rom pakai recovery mode hape. Cari dulu rom yg sesuai untuk hape di internet.

    ReplyDelete
  14. instal kies brapa lama gan punya ane lum kelar2

    ReplyDelete
  15. aku coba upgrade pake odn tool dulu gan..tks

    ReplyDelete
  16. aku coba upgrade pake odin tool dulu gan..tks

    ReplyDelete
  17. ane pake windows7 kok lelet ya gan pas mau menyiapkan firware

    ReplyDelete
  18. Itulah gan.. KIES nih super lemot abis. Saya juga kesel koq. Yang bikin lama sebenarnya proses download Microsoft.net. Mending downlot dan instal secara terpisah aja di situsnya Microsoft. Kalo faktor lainnya, coba cabut semua removable disk yang nancep ke USB.

    ReplyDelete
  19. salahin si KIES dah gan. program amburadul tuh gan.

    ReplyDelete
  20. cara launcher di default'in gimana min?

    ReplyDelete
  21. cara launcher di default'in gimana yah gan?

    ReplyDelete
  22. Settings-Applications-Manage Applications-tap launcher selain standar yang agan instal (Misalnya Go Launcher EX)-tap tombol Clear Defaults.
    Selanjutnya tinggal tekan tombol Home, pilih Launcher bawaan Samsung.

    ReplyDelete
  23. ok sip min, cepet amat bales nya. #kasih 2jempol dah

    ReplyDelete
  24. Yah, pas kebeneran aja gan. Semoga membantu.

    ReplyDelete
  25. kok gan program kies nya nga ditek otomatis upgrade frimware nya sih?udah nungguin beberapa menit. nga ada yg ditek sama sekali.
    sama kies saya setiap buka pertama program kies nya ada peringatan "perangkat anda tidak mendukung kies 2.0" saya coba update kies nya masih tetep tuh peringatan ada melulu .

    ReplyDelete
  26. hapenya apa gan?
    koneksi internet lancar nggak gan? Atau memang firmware yang terpasang sudah yang terbaru. Contohnya produk Galaxy Y keluaran terakhir firmwarenya sudah 2.3.6 lho. yang saya punya kondisi baru masih firmware 2.3.5.

    ReplyDelete
  27. {to continue with the upgrade, disconnect all device except the target device(GT-S5360) form the computer than press Ok Bitton} maksudnya apa gan?

    ReplyDelete
  28. Maksudnya, semua yg nyambung ke usb dicabut dulu, kayak flash disk, card reader. Pokonya yg keliatan drive usb di windows explorer deh.

    ReplyDelete
  29. rencana mlm ne mw update ke 2.3.6 dri 2.3.5 lgi ada koneksi dewa...ane dah siap instll netfrme4 n kies...
    bisa kh ane update tnpa ada kneksi inet..?

    ReplyDelete
  30. wew..siap juga updatenya ternyata cepat juga siapnya yah :lol: mari cek dsni hhehehe http://slazhpardede.files.wordpress.com/2011/05/2-3-6.jpg

    ReplyDelete
  31. mas gal y q externalx sering terbaca dikeluarkan tak terduga.di issu katax suruh gnti firmware dr label "K" ke "L",kode varian firmwarex mas.tp dikaskus sruh ganti setelan fat32 ky gt tp gbs aq tmukan.gal y q udah 2.3.6 warna putih.aq trganggu skali mas.tanks mhon bntuanx.
    tanks.

    ReplyDelete
  32. mas knpa d gal y sya kdang2 mncul tlisan "krtu micro sd trlpas tba2"...gmn mas zolusinya???...firmware sya 2.3.6 ,n firmware bawaan wktu bly....zya kganggu bget maz ma mzlah ini..
    kzih pncrhannya mas

    ReplyDelete
  33. siapa tau ada yang butuh upgrade via Odin tool..nih ada toolnya skaligus firmwarenya...langsung aja k eTKP


    [URL="http://hotfile.com/dl/134325827/d99201a/GT-S5360_XSE_S5360DXKJ3_S5360OLBKJ2_S5360DXKJ1.rar.html"]Firmware gingerbread 2.3.6[/URL]

    [URL="http://hotfile.com/dl/138667870/b1503ca/Odin3_v1.85.rar.html"]Odin Tool[/URL]

    ReplyDelete
  34. siapa tau ada yang butuh upgrade via Odin tool..nih ada toolnya skaligus firmwarenya...langsung aja k eTKP

    [URL="http://hotfile.com/dl/138667870/b1503ca/Odin3_v1.85.rar.html"]Odin Tool[/URL]


    [URL="http://hotfile.com/dl/134325827/d99201a/GT-S5360_XSE_S5360DXKJ3_S5360OLBKJ2_S5360DXKJ1.rar.html"]Firmware gingerbread 2.3.6[/URL]

    ReplyDelete
  35. thanks gan......sukses 101% mancappp........
    oh y....cuma nambahin aja..... daripada susah-susah copot simcard , lebih cepetnya andronya dalam modus flight aja.....aman ko.....

    ReplyDelete
  36. oh y gan...... 1 lagi, ada tutorial masang script ram optimizer ta?

    ReplyDelete
  37. Alhmdulillah berhasil di samsung galaxy y..terima kasih..blog yang bgus..

    ReplyDelete
  38. Hm. Saya belum pernah ngalamin isu ini. Coba saya liat2 sumber luar dulu ya. Brgkali ada pemecahannya.

    ReplyDelete
  39. Sy belum pernah ngalami ini. Sy liat2 sumber lain dulu ya, brgkali ada permasalahan serupa.

    ReplyDelete
  40. Belum ada. Karena sy belum coba.. hehe ide bagus tuh entar sy buat.

    ReplyDelete
  41. sukses update dengan sekejap hohoho :D :lol:

    ReplyDelete
  42. jangan lupa kalo mau UPGRADE FIRMWARE GALAXY YOUNG minimal memory internal nya kudu minimal 30 mb deh...
    ane dah UPDATE FIRMWARE VERSION jadi PDA-KL2 / PHONE-KL2 /CSC-KL2 (XSE)

    sema ane lakuin via koneksi dr HP...

    ReplyDelete
  43. mau tanya hehe
    kalau masalah preparing yang lama itu penyebabnya apa ya gan ?
    terimakasih :))

    ReplyDelete
  44. Update pke hp langsung bisa gx choy

    ReplyDelete
  45. mantap bos.
    sorih komen si bos sebelumnya nyangkut di spam akismet. jadi baru nongol sekarang he he.

    ReplyDelete
  46. mantap bos.
    sorih komen si bos sebelumnya nyangkut di spam akismet. jadi baru nongol sekarang he he. haduh koneksi lg lemot. mu komen susah bener ye.

    ReplyDelete
  47. nah. ada terasa perbedaan nggak bos setelah update pake firmware yg itu?

    ReplyDelete
  48. haduh. sy juga gak paham tuh bos. memang dari kies nya juga lemot bener kerjanya bos.

    ReplyDelete
  49. bisa. ada komen diatas yg ngasi link firmware 2.3.6. tinggal reboot ke recovery mode. update dari sdcard yg udah ada file firmware tsb.

    ReplyDelete
  50. lho koq ini membutuhkan 3000MB,,

    ReplyDelete
  51. gw lngsung aje lwat hp, aman n sukses aj tu bro!

    ReplyDelete
  52. Ia bos. Waktu artikel ini terbit, firmware untuk galY belum ada di luaran :)

    ReplyDelete
  53. gan skarng versi firmware untk galaxy y tuh 2.3.6 atau udah lebih tinggi.?
    selain karna firmware hal apa lagi yang bisa buat sd card terlepS dengan sendiri nya
    mohon pencerahan nya.??

    ReplyDelete
  54. Versi terakhir masih 2.3.6. Untuk masalah memori card, coba format dulu memori di komputer. Jangan lupa backup dulu file di memori sebelum format. Saya rasa sih bukan masalah firmware.

    ReplyDelete
  55. trus msalah apa lagi slain firmware nya'
    trus jika sd nya sdah di scan tapi masih trlepas dngan sndri nya jga gi mana-

    ReplyDelete
  56. mlm gan,sya mw tanya,
    klo firmwarenya udah di download,trus wat bgian k pemutakhiran pirantinya rus connect inet ga?
    coz,modem sya pke hpe samsung gio yg mw diupgrade,,,
    tolong pencerahannya????
    thanxz....

    ReplyDelete
  57. Saya nggak bisa pastikan gan. Kalau modem yang dipakai adalah perangkat yang mau di upgrade, lebih baik gunakan koneksi inet lain saja, atau download manual firmware sesuai perangkat agan, dan upgrade tanpa pc, melalui recovery mode di hape. Cmiiw.

    ReplyDelete
  58. buat yang gayung nya ada notifikasi kartu sd dilepas tak terduga...mending ganti kartu sd yang class 4....soalnya kartu sd bwaan gayung cuma class 2...kcepatannya lemot sangattt.....

    ReplyDelete
  59. boz,glxy y q waktu screensaver,kadang ada suara aneh,,mslhnya ap?

    ReplyDelete
  60. Bisa jadi begitu yah? Tks infonya gan.

    ReplyDelete
  61. Suara kayak gimana gan? Cek di seting-sound. Atau coba ganti sc nya.

    ReplyDelete
  62. kawan2 saya butuh bantuan nih.
    kan saya update firmware lewat kies, terus mucul kaya gini deh. pas di klik malah ga bisa di update.
    nih screenshotnya http://i1217.photobucket.com/albums/dd394/kodokanimasi/Untitled.png mohon pencerahannya yaa...

    ReplyDelete
  63. Hmm. Ini rupanya yang 3000mb itu ya. Barangkali begini tips dari saya:
    1. Semua perangkat berbasis usb dicabut dari komputer, jadi yg tersisa hanya hp-kies.
    2. Hardis ada ruang kosong minimal 3gb.
    3. Memori card kondisi kosong.

    Coba dulu yah.

    ReplyDelete
  64. maksudnya hardisk ada ruang kosong minimal 3gb itu hardisk komputer ya?
    terus, bukannya waktu update firmware harus ngeluarin memory card ya?

    ReplyDelete
  65. Saya sendiri nggak yakin gan. Soalnya saya belum ngalamin kayak begitu. Supaya nggak penasaran, sediakan saja ruang harddisk minimal 3GB dan memori card tidak dicabut dan kondisi kosong.
    Sewaktu saya upgrade GalY saya, kondisi harddisk ada ruang kosong > 20 GB dan memory card juga nggak kosong sih. Malah cuma sisa 200 MB. Mudah-mudahan membantu :)

    ReplyDelete
  66. ok gan, sisa hardisk kosong 3gb. udah dicoba & sukses update firwarenya niih...
    thanks gan

    ReplyDelete
  67. Karena sewaktu proses upgrade si ponsel tidak boleh mati gan.

    ReplyDelete
  68. Cuma mau ngasih info...
    Firmware terbaru udah keluar DXLA1..
    Sebelumnya ane update gagal sampe 5 kali, alhamdulillah ngikutin tutor diatas n baca2 komentarnya berhasil dengan sempurna.
    - copot simcard
    - colok USB Belakang
    - Koneksi inet stabil
    - Sabar + 1 gelas kopi
    Ternyata baterai harus benar2 full sewaktu mulai proses upgrade.
    Terima kasih Ilmu-nya gan, semoga dibalas kebaikannya

    ReplyDelete
  69. gan, numpang nanya.. kok pas di upgrade ada tulisan gagal di monitor pc.. tp di hp nya masih ada tulisan "downloading ... do not turn off target !! "
    nah gimana gan ??

    ReplyDelete
  70. memang ada banyak kasus upgrade gagal seperti contoh agan. silakan diulang proses upgrade dengan mengikuti langkah-langkah diartikel ini. juga cek komentar-komentar diatas gan. tips saya setelah gagal upgrade:
    a. colok ke port usb yg lain di belakang cpu.
    b. cabut sim card.
    c. sisa hardisk komputer >3gb.
    d. memori hp kosong >200mb.
    e. launcher gunakan yang standar samsung.
    f. batre penuh.

    mudah2an bermanfaat.

    ReplyDelete
  71. asiiik asiiikk...
    berhasil gan,, walaupun ggal 1 kali...
    thaks ya infonya om...

    ReplyDelete
  72. yaaaaah gagal udah 100% :'(

    ReplyDelete
  73. bingung nie..ponselnya dinyalakan gimana..ke recovery mode atau odin..?atau kemenu utama gan..??
    kalau ponselnya ga bisa nyala cuma diam di layar hitam yg ada tulisan samsung galaxy gtu gimana ya ga..?
    Mohon pencerahannya..makasih..

    ReplyDelete
  74. jangan khawatir. coba lagi dan perhatikan langkah2nya. siapa tau ada yang terlewat.

    ReplyDelete
  75. udah coba ditunggu sampe masuk ke layar standby normal? coba ditunggu biar startup normal yah. kalo ditunggu tetep gak masuk "desktop", yah terpaksa, pakai odin, dan upgrade dari odin.

    ReplyDelete
  76. cara sama aja ya kaya diatas..?

    ReplyDelete
  77. gan udah selesai download firmware trus ngapain punyaku cuma kembali detect hpnya trus ada tulisan upgrade lagi

    ReplyDelete
  78. gan numpang nanya,q punya samsung y gt-s5360 kalau dihidupkan disuruh masukkan id pengguna(email) trs password tpi setelah q masukkan salah trs.maaf ni hp punya adik saya.tapi adik saya q tanya ktnya gak pernah merasa melakukan keamanan seperti itu,mhon bantuan temen2 yg mau ngasih solusi,sebelum&sesudahnya q ucapkan byk2 trima ksih

    ReplyDelete
  79. ditunggu aja. kalo donlot firmware selesai, KIES masih jalanin beberapa langkah lagi. emang lama sich.

    ReplyDelete
  80. saya yakin itu bukan fitur pengaman, tapi itu langkah setup awal perangkat android yang baru digunakan. pastiin sim card ada pulsa, masukin email dan pasword gmail. soalnya perangkat android kudu punya satu akun google.

    ReplyDelete
  81. kalau akunnya lupa gmna gan?soale ni q coba tetap gagal,apa ada solusi lain?

    ReplyDelete
  82. akun google bisa bikin baru koq di layar setup itu. kalo ga salah dibawahnya sign in, ada create new/sign up. kalo nggak, bikin dulu akun google di komputer. nanti username. pasword tinggal dimasukin ke android.

    ReplyDelete
  83. kalau cara diatas masih gagal, terpaksa factory reset aja. tapi semua data bakal ilang.

    ReplyDelete
  84. mas, saya mau tanya ni ya
    kalo mau pake CPU Tuner tanpa pake rooting bisa nggak ya? skalian tipsnya supaya awet baterenya nggak boros gmana ya..
    sekarang di operamini kan banyak tu yg promo soal fb gratis(bebas pulsa) nah apa hp samsung galaxy y saya ini bisa instal fb gratis itu juga dan apa operamini bisa di instal juga d samsung galaxy y?
    terimakasih

    ReplyDelete
  85. hai.
    1. setau saya CPU Tuner nggak bisa tanpa akses root, karena melibatkan underclocking prosesor.
    2. tips hemat batere udah diulas koq. cek artikel Juice Defender dan CPU Tuner.
    3. FB gratis hanya promo operator deh. Bisa dipake di GAL.Y
    4. Opera Mini bisa di-instal di GAL.Y. donlot aja di Android Market.

    ReplyDelete
  86. oke deh
    terimakasih
    wah habis baca instruksi rooting kok jadi rada takut ya mau rooting..
    kalo memorinya sering tercabut sendiri itu masalahnya apa ya?

    ReplyDelete
  87. memori sering tercabut bisa jadi karena bad sector di memori. Saya juga belum paham sih penyebab utamanya, tapi coba aja full format+scan disk memori card di komputer.

    ReplyDelete
  88. selama proses rooting berjalan apa membutuhkan inet juga?

    ReplyDelete
  89. Permisi, agan sya mau nanya nih..bru saja saya updata via OTA (dalam setting) tapi gagal terus sebanyak 2 x:
    1. SIM tetap dipasang (klo gk, gk bisa konek ke net) masih make Go Launcher sbgai default dan beberapa app pelacak hp sbgai administrator perangkat, hasilnya gagal
    2. SIM masih dipasang , mnghapus default GO launcher (lngsung make samsung home) dan un-cek administrator bbrpa app, download FM n y juga slesai tpi stelah reboot ttep gk keinstal

    Padahal memori intr. 20mb-an dan eks. 688mb-an, plus blum prnah di-root, jadi app faktor yg bkin update dr hp sendiri (OTA) gagal ya?

    ReplyDelete
  90. permisi gan,,sya mw tanya...
    sya upgrade gio ke gingerbread,,,udah 100% tpi kok di hp lgsung kaya ngereboot gtu,tulisannya downloading...
    tpi stelah sya nunggu lma gtu truss...
    solusinya gmna ya gan?

    ReplyDelete
  91. Solusinya, terpaksa juragan mulai dari awal lagi yah. Dan ikuti langkah-langkah upgrade di artikel ini. Dan juga dari komentar-komentar di artikel ini, ada beberapa yang permasalahannya sama kayak juragan loh.

    ReplyDelete
  92. Kalo update via OTA sangat bergantung kualitas jaringan. Lebih baik cari akses wi-fi untuk update via OTA.

    ReplyDelete
  93. juragannn...kalo upgrade ke ics bisa g ya
    punya ane jga sdh 2.3.6 upgrade langsug dari hp

    ReplyDelete
  94. gan q mw tanya nih,
    gal-mini q ko gk bisa msuk ke layar home ya,eror terus..
    mohon solusi'a..

    ReplyDelete
  95. Bisa lebih spesifik gan.. errornya kayak gimana.

    ReplyDelete
  96. Secara resmi, Samsung belum ngasih update sampe ICS. Karena beragamnya hardware, dan versi Android di pasaran, rasanya ICS nggak akan sampe di Galyoung gan.. CMIIW.

    ReplyDelete
  97. Your Device does not suport software upgrading via kies .

    tu kata2 nya gan.. Gimana dong?

    ReplyDelete
  98. agan,,,,gmana sh aq gx ngrti cra ea,,,,,
    tolong penjelasn ea,,gan

    ReplyDelete
  99. kalw versi android ny udh 2.3.6 bisa di upgrade jd 2.3.7 ga gan,,

    ReplyDelete
  100. please mhn bantuanya dong...gw gagal upgrade ni dan skrng gayoung gw nyala tp layarnya gelap gas bisa msk k menu...please

    ReplyDelete
  101. mass nih gimna cara mengatasi masalah hp SGY saya yang gak mau start up. hanya muncul logo samsung berulang" x

    ReplyDelete
  102. wah ngeri banget kalo pas ditengah-tengah upgrade mati lampu,modar listrik,modar hp :D

    ReplyDelete
  103. gan klk mw upgrade ke firmware S5360DDKK1 caranya gmn ya ?

    ReplyDelete
  104. Uninstal kies. Instal lagi, colok usb ke port yang lain. Coba lagi ya.

    ReplyDelete
  105. Bisa. Sepanjang masih keluarga Gingerbread. Kalau versi major berikutnya saya gak tau deh. Cmiiww

    ReplyDelete
  106. Terpaksa recovery mode dan factory reset. Ada koq di kolom komentar di atas ini gan.

    ReplyDelete
  107. Prosesnya sih sama aja gan. Tinggal gimana mencari firmware yg sesuai aja.

    ReplyDelete
  108. jika proses gagal ditengah jalan gimana semua file nya bla bla bla kehapus dan "roti jahe" nya gimana ikut terpengaruh juga mas agan...???

    ReplyDelete
  109. Jika proses update gagal, file di sdcard nggak terpengaruh. Biasanya yang terjadi, os gagal booting, restart terus menerus, atau malah blank gan.

    ReplyDelete
  110. Kalo pas lagi ngupgrade ada tulisan "program has stopped working" jadinya gagal, itu cara ngatasinya gimana?

    ReplyDelete
  111. Memang software kies ini luar biasa jeleknya gan. Jadinya sering error. Mau tak mau proses update harus diulangi lagi.

    ReplyDelete
  112. gan untuk app marketku kehapus apa nanti setelah di ubgrade bisa kembali

    ReplyDelete
  113. Kalau proses update gagal, file di sdcard gak terpengaruh. Untuk osnya sendiri tergantung pas posisi mana gagal nya. Bisa rusak,bisa nggak.

    ReplyDelete
  114. Market bisa diinstal lagi. Search GAPPS aja di google.

    ReplyDelete
  115. aku di suruh format disk, pas gimana ini?

    ReplyDelete
  116. gan, punyaku ada tulisan format disk.
    gimana ini?

    ReplyDelete
  117. upgrde via kies.. 4jam belum kelar dn di HH ada tulisan "downloading.."
    dont turn off target!!

    apa ini prosesnya?? 4jam..

    ReplyDelete
  118. gan, gimana caranya kalau firmware gagal update
    trus ada tulisan "firmware upgrade encountered an issue. Please select recovery mode in kies & try again"? harus diapain nih? thx

    ReplyDelete
  119. gan, gimana caranya kalau firmware gagal update
    trus ada tulisan “firmware upgrade encountered an issue. Please select recovery mode in kies & try again”? harus diapain nih? thx

    ReplyDelete
  120. sebenernya punya saya udah ada tlisan update tpi tkut mo ngupgrade nya tkut error tar.

    ReplyDelete
  121. gimana solusinya padahal saya pengen upgrade

    ReplyDelete
  122. saya sudah beberapa kali mencoba tapi gagal maning .....?

    ReplyDelete
  123. bisa jadi memory card memang ada bad sector. backup dulu data di MC, dan format.

    ReplyDelete
  124. itu salahnya KIES.. matiin aja dan ulang dari awal.

    ReplyDelete
  125. coba dulu lah. kalo gak dicoba kan penasaran toh?

    ReplyDelete
  126. ikuti dulu langkah-langkahnya di artikel ini, dan juga ada komentar-komentar terkait permasalahan upgrade ini.

    ReplyDelete
  127. kalo menupdate versi android nya gmana...trims

    ReplyDelete
  128. Silakan diikuti petunjuk di artikel ini mas. Kalau update major version, misal dari Gingerbread ke Honeycomb, saya belum ada referensi data-nya, dan tergantung juga dengan kekuatan hardwarenya. cmiiw.

    ReplyDelete
  129. agaan sya gagal terus forbiden 404 terus mksudnya apaa yaa?? maklum nowbe mohon bimbingannya.. nuhun

    ReplyDelete
  130. agan-agan kenapa ya update firmwarenya ga' tampil di kies,?? malahan kiesnya yg minta di update, apa harus update kies dulu??
    mohon pnjlsannya ya gan,, trims.

    ReplyDelete
  131. Barangkali koneksi internet agan yang bermasalah, kalau dilihat dari error "forbidden" nya.

    ReplyDelete
  132. Cek dulu versi firmware di smartphone agan. Barangkali sudah terpasang yang ter-update, jadinya KIES gak minta update firmware. Kalau gak salah untuk Gingerbread sudah sampai 2.3.7, CMIIW

    ReplyDelete
  133. factory reset gimana caranya gan...

    ReplyDelete
  134. mau nambahin nih gan klo inet lemot atu kurang cepet coba upgrade di warnet kusus game online soalnya di game online internet rata2 sampe 1giga bandwitnya heehee cuman berbagi aja

    ReplyDelete
  135. gan, kenapa pas firmware upgrade ke hp nya,, nah di hp nya ditulis downloading tapi di pc ny kok 0% terus dan ga maju-maju... gmn gan solusinya?

    ReplyDelete
  136. Factory reset Samsung GalY?
    Hard reset: Dalam posisi OFF, tekan tombol power, tombol Home, dan tombol Volume UP bersamaan, tahan sebentar sampai muncul recovery mode. Setelah itu dengan tombol UP dan DOWN, pilih factory reset.

    Dalam posisi ON, bisa juga factory reset di menu Setting-Privacy-Factory Reset.

    ReplyDelete
  137. Diulang lagi, ikuti dengan cermat perintah dan larangan sesuai dengan artikel ini, dan juga ada cukup banyak komentar-komentar di artikel ini yang mempunyai masalah yang sama gan.

    ReplyDelete
  138. mw tx,, klo pas ngunduh yg palling terakhir harus mash connect ma internet yahh??

    ReplyDelete
  139. mau nanya mas...
    gps-nya galaxy y mesti pakai pulsa buat ngeaktifinnya y??
    ada gak aplikasi gps buat galaxy y yang g nyedot pulsa??
    thank's before

    ReplyDelete
  140. Betul gan. Untuk amannya, konekin aja ke internet dulu selama proses upgrade.

    ReplyDelete
  141. Kalau GPS pakai modul GPS yang ada di GalY. Gak nyedot pulsa koq. kan layanan GPS-nya gratis. Kecuali kalau pakai layanan mapping macam google maps, selain update posisi lewat GPS, data map nya juga ngambil via internet. Kalau koneksi internet gak dinyalakan, GPS tetap aktif, tapi gak ada tampilan map nya. CMIIW.

    ReplyDelete
  142. gan ane ngapdred galye pas mo instal firmware kok g bisa yaw,,,
    54% pasati gagal,,,
    nie ane apdet manual...
    gmna yaw ....

    ReplyDelete
  143. Kalau update dari KIES, silakan coba kembali dengan sebelumnya melihat-lihat komentar sebelumnya. Banyak koq yang punya masalah yang sama dengan agan ^^ v

    ReplyDelete
  144. mantappp.. meski ngulang 2 kali akhirnya,,,successs !!!

    ReplyDelete
  145. baru berhasil setelah gagal tadi, kalo sudah berhasil apakah boleh hardreset mas bro?

    ReplyDelete
  146. mas bro...
    "gayung" saya dh 2.3.6 tp kok mlh gk bisa bt tlp ma nrima tlp...
    mhon pencerahan...
    mksh..

    ReplyDelete
  147. passwordnya apa mas?

    thanks :')

    ReplyDelete
  148. gan kok lama yeah conect dari samsung 25360 ke kies cape dweeeehhhhhhh.............xoxox

    ReplyDelete
  149. Agan,,,
    Ne mau coba, semoga berhasil...
    hehehe... do'ain ya.... Thanks.

    ReplyDelete
  150. Gan mo tanya pas mo install ke hp kok gagal?pada monitor ada tulisanx cannot recognice device.... mohon pencerahanx......

    ReplyDelete
  151. 2.3.7 untuk y udah ada ap blm gan?

    ReplyDelete
  152. klo yg udah di root gmana?apakah setelah di upgrade rootnya hilang(unroot)?

    ReplyDelete
  153. Hmm. Ada sinyal nggak? Gak bisa nerima telpon bisa jadi g ada sinyal. Atau file upgrade nya salah download. Bisa diperjelas y gan permasalahannya?

    ReplyDelete
  154. Udah. Tp saya blm ada info lagi gan.

    ReplyDelete
  155. Ini saya belum tahu, karena setelah upgrade ke 2.3.6 baru saya root. Nanti sy infokan kalau saya sudah upgrade ke 2.3.7 ya.

    ReplyDelete
  156. gan kalo tiba2 white screen knpa ya ? habis flashing repencis 35 bootingnya cuma tulisan samsung trus lama2 hwhite screeen

    ReplyDelete
  157. Bisa jadi custom rom nya nggak cocok gan. Bisa dicoba flashing dengan default rom nya dulu.

    ReplyDelete
  158. Om emang kalo mau upgrade firmware mesti backup dulu ya data2 di hp.?? thx

    ReplyDelete
  159. Nggak mesti sih. Tapi untuk jaga2, ada baiknya di back up dulu yah.

    ReplyDelete
  160. lengkap banget cara2nya, thx gan

    ReplyDelete
  161. gan kenapa ya galaxy s ane "penyimpanan usb dilepas secara tiba-tiba gitu" abis gitu biasanya aplikasi yg gak dibuka banyak yang keluar sendiri , eror segala macam?

    ReplyDelete
  162. oh iya biasanya restart* juga tapi restart gak sampe startup ? Please gimana

    ReplyDelete
  163. Banyak juga yg punya permasalahan kayak gini di pojok komentar. Ada baiknya sd card di format ulang dulu di komputer, dan scan disk. Brgkali permasalahannya di sd card.

    ReplyDelete
  164. Bisa diperjelas gan permasalahannya apa?

    ReplyDelete
  165. jadi gini bro sebelum kayak gini GT-I9003 (Galaxy SL) ku sering restart sendiri , trus aplikasi yg gak dibuka (map,google play,task manager,dll ... ) tiba-tiba eror sendiri , dan di bar atas keluar tulisan penyimpanan usb dilepas secara tiba-tiba . nah kemaren itu si tulisan "penyimpanan usb dilepas secara tiba-tiba" itu keluar lagi dan ngebuat launcher utamaku (tw launcher) eror sendiri dan tiap aku close gakbisa soalnya gakbisa masuk ke menu utama , nah aku lepas baterainya . aku lepas trus aku start in gakbisa masuk menu , mentok di tulisan samsung itu bro . aku masuk recovery mode dan factory reset juga udah gakbisa :( gimana nih . samsung service centre juga gak ada di blitar

    ReplyDelete
  166. Coba ganti dulu deh sdcard nya yah. Bisa jadi dari memory card yang bad sector itu. Lalu factory reset lagi dgn sdcard baru.

    ReplyDelete
  167. Masss mau tanya, cara tau galaxy Y kita udah versi 2.3.5 atau 2.3.6 itu gimana? Soalnya saya gak tau nih hehe. Terus, kemaren temen saya yg hp nya Sony Experia udah upgrade ke android yang sandwich ice cream? Nah itu gimana yaa? Tq.

    ReplyDelete
  168. Settings-about phone-android version. Disitu ada versi android nya. Upgrade ke ics, sepanjang ada file firmware yang sesuai dengan hape kita bisa aja. Tapi biasanya upgrade seperti itu pake firmware modifikasi. Jarang sekali produsen menawarkan update resmi sampai ICS. Cmiiw.

    ReplyDelete
  169. Kira-kira berapa jam ya Mas updatenya dan berapa size MBnya..?

    saya baru kehabisan kuota nih jadi rata-rata 5-8kb/second

    terimakasih atas infonya...

    ReplyDelete
  170. Kira-kira berapa jam ya Mas updatenya dan berapa size MBnya..?
    saya baru kehabisan kuota nih jadi rata-rata 5-8kb/second

    apa nomor telpon, software, n file lainya bakal hilang?

    terimakasih atas infonya…

    ReplyDelete
  171. Update file size sekitar 15 mb an. Gak besar koq. Ada baiknya semua file di sdcard di back up, dan phone book di sync ke google. Untuk jaga2.

    ReplyDelete
  172. Aduh waktu download loding pertama agak cepat
    tapi pas yg loding kedua download firmwarenya lambat
    kayanya ratusan mb mas..

    ReplyDelete
  173. cara backup sdcard gan?

    ReplyDelete
  174. Colok aja ke PC. Copy semua isi SD Card ke hardisk, atau pakai software backup/image.

    ReplyDelete
  175. galaxy y sudah dijolokin ke pc .kok gak ke detect .bos .ngatasinya gmana bos?

    ReplyDelete
  176. galaxy y sudah
    dijolokin ke
    pc .kok gak ke
    detect .bos .ngat
    asinya gmana
    bos
    trims seblm and ssdahnya

    ReplyDelete
  177. galaxy y sudah
    dijolokin ke
    pc .kok gak ke
    detect .bos .ngat
    asinya gmana
    bos .
    trims seblm and ssdahnya.

    ReplyDelete
  178. Coba pindahin ke port usb yg lain, dan biarkan driver usbnya terinstal dulu.

    ReplyDelete
  179. pke axis,daftarin unlimited..50 buat sebulan.upgrade perangkat lunak lewat setting..trus klik paling bawah.uda beres..

    ReplyDelete