Saturday, May 10, 2008

Netlimiter--Penjatah Bandwidth Internet

Met malam semuanya..Maaf ya baru tulas tulis artikel lagi. Soale lagi kehabisan bahan nih.

Artikel kali ini saya turunkan sebuah software pembagi atau penjatah bandwidth internet.

buat anda-anda admin warnet yang selevel sama saya (nubi atau not so geeky guy..) pasti sering mikir. Gimana sih caranya ngebagi bandwidth tiap komputer supaya rata jatahnya. Soalnya kalo pake model PC-Switch-DSL Modem bandwidth yang ada nggak bisa kebagi rata. Ada yang kebagian bandwidth gede, sedangkan lainnya hanya "setetes". Apalagi kalo dipake liat video yutub atau streaming media lainnya. Mending kalo situs yang sediain streamingnya ada di jalur IIX. Gimana kalo situsnya ada di..Mars misalnya ? jauh bener kan ?

Kalo anda yang sudah ultra geek sih bisa pake Mikrotik, atau pake server khusus buat ngebagi bandwidth. Tapi buat saya yang baru belajar kalo liat sintaks-sintaks di mikrotik kayanya otak saya belum nyampe..hehehe...(tapi lagi belajar keras !) Jadi kita yang nubi ini kudu cari software yang gampang-gampang aja deh.

Netlimiter adalah salah satu software terkini yang saya ulik. Tugasnya ngapain ? nggak lain nggak bukan adalah sebagai pembatas bandwidth internet di tiap komputer.

Sebagai ilustrasi di warnet saya ada 12 komputer pakai Speedy yang katanya up to 384 kbps. Berarti kalo mau bagi rata perhitungannya adalah :

360 kbps : 12 = 30 kbps tiap komputer.

Kenapa pake itungan 360 kbps ? Kan kata si Speedy kecepatannya up to 384 kbps. Jadi cuma teori aja tuh 384 kbps. Kita pake itungan "pait" nya aja 360 kbps.

Tapi repotnya kalo pake Netlimiter ini harus instal di masing-masing komputer karena kan nggak ada server yang memusatkan koneksi dari jaringan. Yah itung-itung buat belajar mah it's worth to try laa. Halah..sok english lagi.. ;)

Gimana cara pakenya :

1. Instal dulu Netlimiter. Gampang laa..biasa deh cuma next-next bla bla bla...tapi ingat..setelah instal harus restart dulu biar service-nya jalan. Tapi ini software modelnya trial loh. Jadi kudu beli. Ya terserah deh mau beli mau cari crack bukan tanggung jawab saya loh !

2. Setelah instal akan muncul icon Netlimiter Icon di systray. Klik kanan di icon tersebut trus klik Open.

Netlimiter Main Window

Oke.. di Netlimiter ini cara pakainya nggak susah koq. Netlimiter ini menjalankan tugasnya dibagi menjadi tiga zona :

1. Zona Internet ; Di zona ini ada pengaturan bandwidth untuk sambungan internet

2. Zona Local Network : Di zona ini ada pengaturan untuk bandwidth lalu lintas di jaringan lokal.

3. Zona My Computer : Di zona ini ada pengaturan bandwidth di komputer dimana terinstal Netlimiter atau disebut juga localhost. Bahasa kerennya sih loop back connection.

Untuk pengaturan bandwidth internet berarti kita pake Zona Internet Netlimiter Zone dan biar gampang pake satuannya Kbits (kbps) bukan KBytes (KBps).

Creating Rules

Nah, di jendela utama Netlimiter ada entri software atau services yang sedang berjalan di Windows. Seperti gambar diatas. Kalo mau membatasi bandwidth Incoming (download) untuk Firefox-misalnya, buka dulu Mozilla Firefox, centang kotak pada entri Incoming firefox.exe di jendela Netlimiter, lalu klik angka 40.00 seperti contoh diatas, masukkan berapa kilobits yang ingin dijatah untuk aplikasi tersebut lalu klik Set


Set Value


Untuk membatasi bandwidth di Outgoing (upload) caranya juga sama, hanya yang di-set entri disebelah jendela Incoming. Kalo saya sih nggak saya batasi untuk upload karena jarang yang upload file. Paling attach file di e-mail aja.

Catatan : Saya coba langkah-langkah diatas tapi setelah di cek di Speedtest.net bandwidth download tetap nggak dibatasi (tetap full apa adanya). Jadi saya set di entri root-nya saja. Bukan di entri firefox.exe. Ada yang bisa bantu saya nggak menjelaskan fenomena ini ?



Sampai disini berarti bandwidth anda sudah terbatasi. Coba rasakan bedanya antara Bandwidth limiter disabled dan enabled.

Udah dulu ya..saya sakit perut niiih...

81 comments:

  1. mas tolong dong jelasin tutorial net limiter satupersatu...maklum blm pengalaman

    ReplyDelete
  2. Oke oke..aye coba jelasin nih :
    1. Instal dulu NetLimiter (bisa kan ?)
    2. Restart
    3. Habis restart ada icon NetLimiter [NL] di pojok kanan bawah layar (systray, yang ada jam-nya itu loh) Klik kanan di icon tsb lalu pilih Open-klik
    4. Setelah jendela Netlimiter terbuka, lihat di kiri atas jendela Netlimiter ada pilihan limitasi zona. Klik panah kecil di tulisan "zone". Biasanya sih udah otomatis ke zona internet.

    5. Dibawah tombol zona ada jendela yang berisi program-program yang sedang jalan di Windows kita.Lihat contoh gambar terakhir diatas. Tinggal centang pilihan Limit Incoming (yang disebelahnya ada angka 40.00)

    6. Klik angka 40.00 seperti gambar diatas lalu masukkan berapa kbps yang ingin dijatah untuk komputer tersebut.

    HATI-HATI : Satuan bit per second-nya jangan sampai salah hitung. Pilih dulu satuan yang ingin dipakai : bytes atau Kbits.
    Nih website bagus yang bisa konversiin satuan yang mau dipake :
    http://www.matisse.net/bitcalc/?input_amount=30&input_units=kilobits&notation=legacy

    Itung-itungannya gini :

    Misal kita punya 10 komputer, bandwidth dari Speedy 1024 Kbps (kilobit per second), kalo mau bagi rata brarti :

    1024/10 = 102,4 Kbps per komputer./13107,2 bytes

    Tapi ini teorinya kecepatan speedy full 1024 Kbps.

    ..So tinggal masukin aja limit di Netlimiter 102 Kbps atau kalau satuannya bytes ya : 13107 bytes...

    PS : sekarang sih aye nggak pake Netlimiter lagi. Tapi udah pake Mikrotik.coba deh..emang permulaan agak berat belajarnya. Tapi lama-lama juga bisa. Malah nggak usah limit di tiap PC, tinggal setel di Mikrotiknya.

    CMiiw..ya ^ ^

    ReplyDelete
  3. Klo berada di komputer user, apakah tidak mungkin akan diutak-atik sendiri sama user yang menginginkan pembagian jatah yang lebih besar?

    ReplyDelete
  4. o nggak..Netlimiter bisa dikonfigurasi hanya bisa di-set oleh user tertentu..Misalkan hanya bisa dikonfigurasi oleh Admin Account, tidak bisa oleh Limited User. Coba cek di icon kunci di tampilan utama NetLimiter. Disitu ada tabel siapa pengguna yang mempunyai hak untuk mengubah setting NetLimiter..Salam.. ^^

    ReplyDelete
  5. mas , aku udah install netlimiter nya dan softwarenya udah bekerja dengan baik, tapi mengenai permission administratornya bisa tolong dijelasin dengan detail gak yah? hehehe, tq

    ReplyDelete
  6. Oke-oke..tapi saya kehabisan skrinsut, dan juga udah nggak pake software ini lagi. Tapi saya pakai Mikrotik routerOS sekarang. Intinya di Netlimiter untuk set permission klik aja ikon kunci. Nah nanti muncul jendela baru di kanan jendela utama Netlimiter. Konsepnya sih tinggal klik aja di tabel user dengan kredensial apa saja yang berhak mengakses.
    Misalkan user Admin ingin punya akses untuk VIEW (melihat jendela Netlimiter) dan akses ke settingan maka tinggal di centang di kotak tabel yang sesuai. Kalo nggak salah di sebelah kiri tabel adalah user yang tercatat di komputer, lalu bagian atas tabel adalah hak aksesnya. Apakah hanya bisa melihat saja, mengakses settingan saja, atau dua-duanya.
    Maaf tidak bisa memberikan skrinsutnya ya ^^.

    ReplyDelete
  7. cara mendapatkan net limiter 2 pro ini beli atau gratisan

    ReplyDelete
  8. Halo Angga, NetLimiter sifatnya shareware 28 hari. Untuk informasi lebih lanjut monggo bertandang ke http://www.netlimiter.com

    ReplyDelete
  9. Mas, Icon di Systray-nya bisa di sembunyikan gak yah?

    ReplyDelete
  10. Wah saya belum mencoba dan belum melihatnya. Lagipula saya tidak menggunakan NL lagi. sekarang saya pakai router PC dengan OS Mikrotik. Maaf ya ? :D

    ReplyDelete
  11. Mas Eko, punya tulisan yg ngebahas router PC & OS Mikrotik gak? Klo mo beli dimana & kira2 harganya berapa ya? Saya admin di Kantor yg LAN nya Workgroup, make Speedy untuk Internet. Saya butuh cara untuk ngebatasin bandwidth soalnya pada sering dipake donlot pake donlot manager yg ngabisin bandwidth. Mohon pencerahannya, Terima Kasih!

    ReplyDelete
  12. Halo mas Susanto. Untuk permulaan bisa baca2 di :
    http://esetiawan.wordpress.com/2008/05/25/si-go-blog-coba-coba-mikrotik-1/
    dan lanjutannya...
    Yah lumayan buat pemanasan :D

    Kalo saya dalam soal Mikrotik bertapanya di forummikrotik.com. Disana banyak suhu2 yang bisa membantu kita

    Untuk routerOS Mikrotik sekarang kira-kira 400 ribuan yang versi terbaru (www.mikrotik.co.id)
    ..dan kalo mau coba dulu bisa cari di indowebster untuk versi 2.9.27

    Kalo hardware mulai dari pentium2 bisa koq. Saya pakainya Pentium3 866 MHz/20 GB HDD/256 RAM

    Begitu. semoga membantu ^^

    ReplyDelete
  13. Cara yang paling mudah dan murah Bisa dipakai Mikrotik
    coba cek di http://tambelan.blogspot.com

    Semoga membantu.

    ReplyDelete
  14. bos minta mikrotik nya dongJune 20, 2009 at 6:06 AM

    tolong yaa bos

    ReplyDelete
  15. Mikrotik? Untuk bahan belajar bisa dicari di Indowebster (www.indowebster.com) Untuk versi terbaru bisa dibeli di mikrotik.co.id..Harganya nggak sampai 500 ribu untuk level 4 ^^ Salam ^^

    ReplyDelete
  16. selamat pagi mas....
    mau nanya,kenapa mas tidak pake NL lagi????
    apakah NL ada effect....?????
    and NL cracknya harus cari di mana ya????
    thank you.. ^_^

    ReplyDelete
  17. Saya nggak pakai NL lagi karena fungsinya sudah digantikan oleh router Mikrotik | www.mikrotik.co.id |
    dengan Mikrotik pengendalian traffic lebih leluasa dan ditambah dengan fungsi-fungsi lainnya yang SUPER :)
    Untuk mencari NL bisa berkunjung ke indowebster saja OK ^^
    Trims sudah berkunjung

    ReplyDelete
  18. Se7...
    Dengan mikrotik management BW mudah dan tidak repot, dan support GUI alias Graphical User Interface.

    ReplyDelete
  19. om, netlimiternya gk bisa yg pake kompi yg ada billingnya yah ???

    mesti dari server gitu yah ??????

    ReplyDelete
  20. oh enggak.. Netlimiter kerjanya per client (diinstal di masing-masing komputer).. nggak sistim server ^^

    ReplyDelete
  21. tapi yg ngatur bandwidthnya bukannya dari server ???

    saya user net.. mau pake netlimiter tapi gk connect" di situnya.....

    mohon pencerahannya mas esetiawan....
    buat batesin bandwidth yg masuk client...

    terima kasih......

    ReplyDelete
  22. jadi pass mencet connect di minta password NetLimiter 2 Remote Administrator gitu......

    jadi bingung masuknya @_@
    Hiks hiks hiks.....

    ReplyDelete
  23. Nanya neh, Net Limiter hanya berfungsi untuk program/aplikasi yg di centang aja ya??? Game gak ngaruh?? maklum saya newbieeee T_T

    ReplyDelete
  24. o nggak .. NL berfungsi untuk semua koneksi IN dan OUT. .jadi semua program yang menggunakan koneksi internet akan terlimit.
    trims

    ReplyDelete
  25. Thanks mas eko, infonya sangat membantu ^^V

    ReplyDelete
  26. mas mo nanya, saya kan punya warnet. apakah klo kita udh pake Mikrotik apakah bisa kita matikan Mikrotiknya klo client/user cuma sedikit? kan kasian tuh kalo user sedikit tapi jatah bandwith dibatasi.
    trims

    ReplyDelete
  27. mas, saya pakai netlimiter pro 3 versi 3.0.0.7
    cara settingnya gimana yah?
    saya punya client 15, apakah yang dibatasi hanya di thrugoing saja, karena versi ini beda sama yang sebelumnya.
    trus apakah yang versi ini cukup di instal di server saja?
    dan untuk usernya ga bisa di password neeh.
    mohon bantuannya.
    thanks

    ReplyDelete
  28. pelan-pelan memahami tutor diatas.. thanks mas atas infonya.
    Ni sambil praktek langsung

    ReplyDelete
  29. Tutorial yang bagus Mas, Saya belum pernah coba, karena seringnya saya pakai mikrotik atau ipcop

    ReplyDelete
  30. trims ^^
    Memang lebih enak pakai Mikrotik atau IPCop sih.

    ReplyDelete
  31. mas mau tanya nech d warnet saya khan pake netlimit tp ko kalo pas client pake ada yang bandwidthnya lebih dari yang udah d batasin ya?
    mohon pencerahan kira2 apanya yang salah?pa dri NL nya ataw apanya?

    ReplyDelete
  32. trus satu lagi mas mending pake NL pa mikrotik?
    matur nuwun mas.....

    ReplyDelete
  33. Kalau Netlimiter kan limitnya berdasarkan satu per satu program yang dimasukan setelan pembatasannya ke Netlimiter. Misal di komputer ada browser Firefox, maka masukkan nilai Incoming dan Outgoing nya pada entri Firefox di Netlimiter.

    Misalkan mau membatasi kecepatan secara global, maka set nilai Incoming/Outgoing dimasukan di ROOT, atau di entri paling atas yang ada nama komputernya.

    Tapi limiting di ROOT juga ada kelemahannya. Kecepatan transfer LAN juga terpengaruh.

    Demikian semoga membantu

    ReplyDelete
  34. Lebih enak pakai Mikrotik ^^
    Jaringan bisa lebih mudah kita kendalikan...

    ReplyDelete
  35. mw tanya mas klo buat client-nya apa perlu diinstalin netlimiter juga???
    aku klo pake mikrotik gk mudeng xD khikhikhik

    terima kasih

    ReplyDelete
  36. NetLimiter mengharuskan tiap client diinstal masing-masing ^^

    ReplyDelete
  37. trims sudah berkunjung mas mikes.. pabila ada saran dan masukan silakan layangkan di box komen ini ^^ v

    ReplyDelete
  38. heh..nggak salah tuh mas di bagi 10??

    setahu saya sih,rumus nya adalah di bagi 8

    contoh, misal speed bandwith anda 1024kbps
    jadi hitungan nya adalah 1024kbps / 8 = 128KBps (ini yang akan jatuh di server)

    nah,klo hitungan nya mau dibagi ke client adalah, 128KBps / 10 client. maka jatah per client nya adalah
    128KBps / 10 Client = 12,8 KBps per 1 client nya.

    (catatan) kecepatan toleransi untuk client, minimal adalah 5-7KBps masih tergolong lumayan lah untuk browsing.

    ReplyDelete
  39. ini hasil konversi nya

    kilobits 1024
    kilobytes 128
    megabits 1

    (catatan)
    maka dari itu, kalau kita mau beli bandwith ke ISP pasti bilang nya " pak harga bandwith 1Mb berapa"

    nah,arti 1Mb disini adalah megabits, jadi klo di konversikan seperti mas bilang tadi ke Kbps = kilobits per second. maka hasil nya adalah 1024Kbps.

    mungkin info ini bisa membantu,klo ada salah mohon dibenarkan.
    terima kasih... ^_^

    ReplyDelete
  40. dibagi 10 itu dibagian mana ya? saya koq jadi lupa sendiri hehe..
    Itu kan bukan rumus mas.. tapi pembagian untuk 10 (sepuluh client). trims kunjungannya ^^

    ReplyDelete
  41. betul itu mas blackmask... hanya saja terkadang saya ke user supaya gampang menjelaskannya pakai satuan yang umum dipakai ibu-ibu ke pasar hahaha..

    ReplyDelete
  42. //Dibagian ini mas://


    (++)

    Itung-itungannya gini :

    Misal kita punya 10 komputer, bandwidth dari Speedy 1024 Kbps (kilobit per second), kalo mau bagi rata brarti :

    1024/10 = 102,4 Kbps per komputer./13107,2 bytes

    Tapi ini teorinya kecepatan speedy full 1024 Kbps.

    ..So tinggal masukin aja limit di Netlimiter 102 Kbps atau kalau satuannya bytes ya : 13107 bytes…


    (catatan)
    btw, met ultah yaa... ^_^

    lanjut ke materi2 baru lagi mas...saya akan mengikuti. hehehe..

    (salam kenal)

    ReplyDelete
  43. ow i see ^^ v
    trims koreksinya....
    makasih ya..hehe

    ReplyDelete
  44. Kalo di PC klien saya rasa gak sulit ya mas, nah bagaimana kalau membatasi bandwith untuk pelanggan WIFI/ Hotspot?

    Tolong dong mas bantuannya.

    ReplyDelete
  45. Untuk Wi-Fi silakan pakai router khusus, seperti Mikrotik atau IPCop.. silakan berkunjung ke forummikrotik.com untuk panduan BW limiter wi-fi

    ReplyDelete
  46. Bang, nanya nih...cara setting netlimiter antar pc gimana??biar bisa dikendalikan dari salah satu pc??tolong jelasin satu2..maaf nubie

    ReplyDelete
  47. NetLimiter bekerja sendiri sendiri mas, setahu saya tidak bisa di-remote. Jadi harus instal dan setting satu-satu. Bila ingin fitur yang lebih luas bisa pakai router macam Mikrotik. Trims ^^

    ReplyDelete
  48. bukannya akang prnah comment yg mngenai permission administrator itu y??..
    di komputer udah ak install satu2, trus caranya sambungin biar di server settingan netlimiternya bisa diremote tanpa diutak-atik client gmn???

    ReplyDelete
  49. g' bisa gan
    masah bill-nya jadi eror sqlnya g' mo aktif

    ReplyDelete
  50. mas klo speedy 2mb bagi 10 client brti brp ya kbits ya???
    maklum masih awam,,,heheee

    ReplyDelete
  51. Speedy 2 mb pada prakteknya dapatnya hanya di kisaran 1.7 mbps. Jadi tinggal dibagi 10 saja.. berarti kasarnya ada di hitungan 170 kbps.
    Salam ^^

    ReplyDelete
  52. Mas, saya nebeng belajar ya

    ReplyDelete
  53. bro pake NetLimiter bisa batasin program internet download manager gak??
    soalnya di tempat kerja atau warnet ada user pake internet download manager abisin bandwith yg ada :(

    ReplyDelete
  54. bro, bsa nmr hp lo ngga...
    biar ane bsa tanya2 soal net limiter...
    masih rada bingung ane bos....

    ReplyDelete
  55. 081806056453

    Sebenarnya ane udah lama banget gak pake NetLimiter gan, semenjak ane kenal sama RouterOS Mikrotik. Jadi ampe sekarang untuk mengelola lalu lintas koneksi internet saya pake Mikrotik.

    Lebih baik agan pake Mikrotik juga. Lebih kaya fitur, dan lebih bermanfaat!

    Lagipula sy udah lupa cara pake NetLimiter :D

    ReplyDelete
  56. mas punya crack softwarenya gak..??

    ReplyDelete
  57. saya baru instal pake netlimiter tapi game online pointblank nggak jalan, apa ada yang salah dengan setingannya? makasih sebelumnya...

    ReplyDelete
  58. Halo mas Agus. Netlimiter bekerja melimit per-software/aplikasi yang ada di Windows. Jadi, seharusnya ada entri PBLauncher di jendela NetLimiter. Penyebab lainnya barangkali settingan jatah bandwidthnya terlalu kecil untuk PB. Sekian ^^

    ReplyDelete
  59. ada software crack nya, ane dapet tuh kmarin di web mana dah lupa.

    ReplyDelete
  60. ni bru inget :D

    Download NetLimiter Pro 3.0.0.11 Final :

    - http://www.netlimiter.com/
    - http://www.filesonic.com/file/331459051/NetLimiter.rar
    - http://www.fileserve.com/file/B4Yby9j/NetLimiter%20Pro%203.0.0.11%20Final.www.softdown32.com.rar

    ReplyDelete
  61. netlimiter bisa di password ga om?
    jadi biar ga bisa di rubah oleh tangan2 jahil..

    ReplyDelete
  62. bisa gan. klik icon konci di sudut kanan atas.

    ReplyDelete
  63. gan,,klo pke mikrotik gmana caranya yah gan,,,maklum lg belajar gan..he..

    ReplyDelete
  64. wah. kalo itu mah ke forummikrotik.com aja gan.. saya juga dari situ :)

    ReplyDelete
  65. Selain untuk limiter. NetLimiter juga dapat berguna untuk mengecek Speed masing-masing aplikasi atau program yang terinstall di komputer kita. Kadang kita tidak tahu persis aplikasi apa saja yang memakan bandwidth kita. Dengan NetLimiter ini kita bisa mematikan aplikasi tertentu yang banyak memakan Bandwidth atau aplikasi yang tidak kita perlukan terhubung ke internet dengan Klik Kanan Kill. Selain itu juga bisa mengecek berapa bandwidth total yang kita dapatkan dari ISP atau penyedia Internet.

    Contoh capture Bandwidth yang terpakai menggunakan NetLimiter
    NetLimiter capture

    Salam Kenal
    TambelanBlog

    ReplyDelete
  66. lumayan membantu gan,,
    ada perubahan dengan koneksi ku.
    thanks gan.

    ReplyDelete
  67. Terima kasih udah berkunjung gan.

    ReplyDelete
  68. gni gan ane mw tanya knp d.client sya tiap buka net limiter selalu keluar microsoft visual C++ error gtu . pdahal microsoft visualC++.nya udah yg 2010 .
    dan sya udah juga coba install lagi . pertama lancar . tpi pas restart lagi keluar error gtu lagi

    jadi apa yang salah ?

    ReplyDelete
  69. jawab pliss . lagi mentok nih . ga tau pke apa lagi selain netlimitter

    ReplyDelete
  70. Sebenar nya ada kelebihan dan kekurangan nya pakai limiter. Limiter sifat nya statis pada saat melakukan pembatasan bandwidth. Skenario: Misal nya kamu punya kapasitas bandwidth sebesar 3Mbps, dengan jumlah client 10. Kalau misal nya mau dibagi rata berarti kan 3Mbps = 3072Kbps / 8 = 384 Kbps / 10 client = 48 per client.

    Kelebihan nya adalah, limiter bisa membatasi client pada saat download. karena client hanya dapat kapasitas bandwidth sebesar 48Kbps. jadi, client lain nya masih bisa dapat browsing / download.

    kekurangan nya adalah, bandwidth tidak bisa digunakan secara maksimal pada saat ada jalur bandwidth yang kosong. jadi, kalau misal nya 9 client tidak ada yg online, berarti 1 client yg online hanya dapat merasakan bandwidth yg tersedia hanya sebesar 48Kbps.

    Kalau saya sih, secara pribadi suka dengan metode QoS service dengan metode HFSC atau HTB. Namun, penggunaan ke2 metode ini ada kekurangan dan kelebihan nya juga. namun garis besar nya adalah, (pengalaman pribadi saja).

    HTB suka tidak stabil pada saat ada yg menggunakan bandwidth yg cukup besar. Ibarat nya seperti naik busway di jakarta. jadi client harus rebutan untuk diangkut ke tujuan. mangkanya, pada saat menggunakan metode HTB. disarankan untuk memilih priority aplikasi apa saja yg menjadi prirotas no 1,, 2 dan seterus nya. Kelebihan nya adalah, kamu bisa mebuat antrian lebih terstruktur.

    HFSC terlalu lama nunggu antrian untuk diangkut nya, karena sistem nya menggunakan antrian delay. jadi, kalau ada 2 client yg mendownload dalam waktu bersamaan. sedangkan ada 1 client lagi yg mau browsing. client terakhir yg meminta request akan di delay sementara untuk diangkut. ibarat nya, kamu ada di lampu merah.. tiba2 ada pejabat mau lewat. terpaksa kamu disuruh nunggu untuk sementara sampai pejabat itu lewat. Kelebihan nya adalah, client mendapat jaminan pada aplikasi realtime seperti skype, YM dll.

    Untuk lebih jelas nya, langsung cek

    http://www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=29

    http://digilib.ittelkom.ac.id/index.php?view=article&catid=10%3Ajaringan&id=710%3Apacschedul&tmpl=component&print=1&page=&option=com_content&Itemid=14

    sorry, kalau ada yg salah yaaa... soalnya, saya menulis berdasarkan pengalaman dan ilmu saya selama ini.

    ReplyDelete
  71. Tapi limiting di ROOT juga ada kelemahannya. Kecepatan transfer LAN juga terpengaruh.

    Omm..yang saya alami itu transfer LAN lambat banget,,,,gimana yaah Omm.....lebih enak di centang satu per satu ato centang ROOT nya ,,,matur nuwun

    ReplyDelete
  72. Kalau Netlimiter kan limitnya berdasarkan satu per satu program yang dimasukan setelan pembatasannya ke Netlimiter. Misal di komputer ada browser Firefox, maka masukkan nilai Incoming dan Outgoing nya pada entri Firefox di Netlimiter.
    Misalkan mau membatasi kecepatan secara global, maka set nilai Incoming/Outgoing dimasukan di ROOT, atau di entri paling atas yang ada nama komputernya.
    Tapi limiting di ROOT juga ada kelemahannya. Kecepatan transfer LAN juga terpengaruh.
    Demikian semoga membantu

    pertanyaan nya :
    Lebih baik centang satu per satu ato dari ROOT mas,,,,,saya yang komen pake pesbuk di atas ....minta tolong jawabannya hubungi ariskacompnet@yahoo.co.id...penting nih omm.....matur nuwun

    pengin pake mikrotik tapi belum tau sama sekali tentang alat ini. harus beli ato semacam software yaah??? terus harganya sampe berapa Oomm.....

    ReplyDelete
  73. Wah gan. Ini software udah sejak 2009 saya nggak pakai lagi. Dan memang untuk LAN dia kena limiter juga. Karena berbagai keterbatasan itulah saya beralih ke Mikrotik gan. Sorry.

    ReplyDelete
  74. Kalo menurut saya lebih baik centang satu per satu. Misal di firefox dan software downloader. Kalo mikrotik saya terakhir coba pake versi 2.9.7 di cpu pentium 3. Secara umumnya mikrotik itu adalah OS berbasis Linux yang tugasnya sebagai manajer lalu lintas jaringan. Cmiiw.

    ReplyDelete
  75. kalo saya internet speedy unlimited 100Rb kecepatan nya berapa
    terus dibagi 6 PC

    ReplyDelete