Tuesday, March 11, 2014

Mutilasi Tablet Cyrus Atom Pad Lite (1)

Gara-gara Micro USB port Cyrus Atom Pad Lite saya penyakitan, terpaksalah saya mutilasi itu tablet.


Biasanya sih tablet Cyrus itu dipakai anak saya buat main game, karena grafisnya yang lumayan mulus. Barangkali karena sering cabut-pasang charger, jadinya si port micro USB nya agak longgar, dan lama-lama patah di bagian penyangga pin dalamnya.

Bingung punya bingung karena nggak bisa nge-charge-ditambah si anak ngomel-ngomel karena nggak bisa main game kesayangannya-akhirnya saya putuskan saja untuk me-mutilasi tablet tersebut, dan membuat kabel by-pass untuk charging.

[caption id="attachment_1366" align="aligncenter" width="300"]Cyrus AtomPad Lite WiFi Android 4.0 Ice Cream Sandwich
1GHz Cortex Processor
7 Inch Capacitive Multitouch Screen
HDMI output
1.3MP front camera
4GB internal memory (expandable up to 32GB)
USB On The Go (upto 320GB)[/caption]

Tapi kisanak pasti bertanya-tanya, apakah nggak sayang tablet ciamik macam Cyrus Atom Pad Lite itu dibongkar-bongkar, lalu di by-pass konektornya, hanya untuk charging saja? Yah untuk pertanyaan yang satu itu saya sudah punya jawabannya:

1. Cyrus Atom Pad Lite tidak punya koneksi 3G/SIM Card, jadinya saya nggak pakai tablet tersebut.

2. Bluetooth pun tak ada, adanya cuma Wi-Fi

3. Saya nggak perlu transfer data melalui kabel USB ke PC, karena SD Card nya sudah saya ambil buat dipasang di HP Cina.

4. Anak saya nggak peduli mau gimana nge-casnya, yang penting tabletnya nyala heheheh.

Langsung saja kisanak, kita menuju proses mutilasi tablet tersebut. Tapi sebelum kisanak ikut-ikutan bongkar-bongkar tablet milik kisanak, ada baiknya baca petunjuk dibawah ini:

Penulis tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang timbul akibat artikel ini. Garansi produk menjadi tidak berlaku bila segel rusak!

--

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

1. Kemampuan menyolder/Elektronika dasar

2. Solder minimum 40W dengan ujung runcing

3. Timah 60-40

4. Pinset

5. Obeng set Torx (obeng buat bongkar HP)

6. Isolasi/lakban secukupnya

--

Langkah Pengerjaan:

1. Buka body tablet Cyrus Atom Pad Lite. Tablet ini tidak menggunakan baut untuk mengikat bodynya, cukup dengan menggunakan ujung obeng pipih kecil, dan cungkil dengan halus klip-klip pengikatnya. Bila satu klip pengikat sudah berhasil di lepas, maka klip berikutnya pasti lebih mudah (Insya Allah)

[caption id="attachment_1367" align="aligncenter" width="300"]Hati-hati mencungkil klip pengikat bodynya, karena ujung obeng bisa merusak pinggiran body. Hati-hati mencungkil klip pengikat bodynya, karena ujung obeng bisa merusak pinggiran body.[/caption]

2. Bila seluruh klip pengikat body sudah berhasil dilepaskan, pisahkan dengan hati-hati bagian depan dan belakang tablet. Satu-satunya hal yang membuat kedua body tablet masih terhubung adalah kabel speaker. Biarkan saja kabelnya, nggak usah diusik-usik.

3. Setelah body terpisah, akan terlihat mainboard dan baterai tablet seperti layout dibawah:

ADR3

 

4. Menggunakan solder yang telah dipanaskan, cairkan timah dan buka sambungan-sambungan kabel yang terhubung ke mainboard, seperti sambungan baterai, sambungan antena Wi-Fi, dan sambungan speaker.

5. Buka baut-baut pengikat mainboard

6. Bila mainboard sudah dapat bergerak bebas, lepaskan mainboard dengan hati-hati dari body tablet, dan tempatkan di tempat yang bersih, kering dan terang.

(Bersambung ke bagian 2. Lanjutannya menyusul)

 

No comments:

Post a Comment