Wednesday, March 5, 2014

Identifikasi Driver Hardware [lagi]

Sudah berpuluh-puluh tahun yang lalu, artikel dengan maksud yang sama sudah saya naikkan di padepokan ini.


Coba kisanak tengok artikel-artikel yang lalu mengenai identifikasi hardware. Pada 17 Mei 2011 saya sudah menurunkan artikel berjudul "Identifikasi Driver Melalui kode Hardware di Mainboard", dan pada 30 November 2010 juga sudah menurunkan artikel yang berjudul "Mencari Driver yang Tepat untuk Hardware Anda", tapi rupanya banyak saya jumpai para pengunjung padepokan Google yang hingga kini masih bertanya-tanya bagaimana caranya mencari driver hardware tertentu.

Kebetulan baru-baru ini saya juga mengalami kasus identifikasi driver sebuah laptop ACER 4253, yang aslinya di-desain untuk Windows 7, pemiliknya ingin men-downgrade OS nya ke Windows XP. Entah si empunya laptop itu aneh atau nyentrik, sudah ada OS yang lebih canggih, lha koq malah pingin kembali ke jaman dahulu kala. Ah udah lah, urusan orangnya nggak perlu saya pikirin. Nambah-nambahin uban aja nantinya ha ha ha ha....

[caption id="attachment_1360" align="aligncenter" width="300"]Acer aspire 4253 and 5253 2 ACER ASPIRE 4253-E351G32MN
AMD E-Series processor E-350 (1 MB L2 cache, 1,60 GHz DDR3, 1066Mhz,18W),
AMD A50M Fusion ™ controller, hub
1GB DDR3 ,
320GB HDD,
DVD Supermulti double Layer Drive
14″ HD Acer CineCrystal™ LED-backlit TFT Lcd
ATI Radeon™ HD 6310 Graphics with 256 MB of dedicated system memory 2-in-1,
Media Reader ; HDMI™ port with HDCP support, Integrated Wireless WiFi Link 802.11b/g/Draft-N,
Acer Crystal Eye 1.3MP webcam,
Built-in Speaker
Genuine Windows 7 Starter[/caption]

Singkat kata, setelah berkunjung ke padepokan ACER, ternyata driver untuk Windows XP sudah tidak disediakan lagi. Untuk sekelas pabrikan ACER, tidak disediakannya driver untuk XP menurut saya cukup memalukan, mengingat Microsoft masih memberikan dukungan teknis berupa update untuk Windows XP hingga 8 April 2014.

Karena saya lagi malas cari-cari driver menggunakan teknik yang saya buat sendiri, jadinya saya cari gampang saja yaitu begini:

1. Cari nama hardware yang akan dicari drivernya; Misalkan saya mau cari driver displaynya. Ternyata display hardware yang terpasang di ACER 4253 adalah AMD RADEON HD 6310. Koq saya bisa tau? Lha ada stiker AMD nya koq di laptopnya :D

2. Kalau sudah dapat nama hardwarenya, langkah selanjutnya sudah pasti gampang, yaitu meminta wangsit dari padepokan Google, dengan kata kunci "AMD RADEON HD 6310 XP Driver." Dan hasilnya adalah saya mendapatkan wangsit agar menuju padepokan LENOVO, yang lagi-lagi memalukan nama ACER, karena tetangga sebelahnya masih berbaik hati menyediakan driver untuk Windows XP!

3. Download!

--

Bagaimana dengan hardware yang lainnya? Ya lihat saja di padepokan ACER, pada halaman download drivernya, disitu sudah kelihatan jelas nama semua hardware yang terpasang di laptopnya:

ACER 4253

 

Kisanak tinggal ulangi langkah 1 diatas untuk mendapatkan driver XP nya.

Begitulah kisanak, cara paling gampang mencari driver hardware. Sampai ketemu lagi di Padepokan kita yang tercinta ini.

No comments:

Post a Comment