Sunday, November 27, 2011

Android is My Choice! Review Samsung Galaxy Young (S5360)

Masih ingat gak, terakhir saya beli ponsel baru adalah di tahun 2008.


Waktu itu saya beli ponsel D-One SG 108 di Harco Mangga dua seharga Rp. 650.000. Waktu itu ponsel generik made in China belum begitu booming, nggak seperti sekarang. Saat itu ponsel generik masih cukup mahal harganya. Cobalah tengok saat ini. Dengan modal duit 200 ribuan, sudah dapat ponsel dengan fitur berlimpah.

Sejak ponsel D-One itu, saya nggak beli ponsel baru lagi. Akhir tahun 2010 saya beli ponsel bekas SonyEricsson W300i, dan sekarang ponsel tersebut rusak entah kenapa. Pastinya sih karena sering saya banting kalau lagi kesal >:(

Akhirnya pilih punya pilih ponsel pengganti si SonyEricsson, mata saya tertuju pada ponsel-ponsel berbasis Android.

Kenapa nggak BlackBerry saja seperti kawan-kawan saya? Yah, semata-mata saya nggak sreg saja sama BB. Ini masalah selera aja. Saya lihat ponsel-ponsel berbasis Android sangat highly customizable, dan dengan hardware yang rata-rata cukup mumpuni untuk kebutuhan sehari-hari.

Setelah mutar-mutar sana sini (di web :) ) mencari ponsel Android dengan spesifikasi yang cocok untuk saya, akhirnya faktor penentu semakin mengerucut pada fitur-fitur seperti berikut:

1. Layar haruslah cukup besar >2 inci untuk kemudahan berselancar internet, mengolah data pada aplikasi office, dan untuk keperluan hiburan.

2. CPU dan RAM yang dimiliki harus cukup kuat untuk menjalankan aplikasi-aplikasi terkini.

3. Layar sentuh kapasitif

4. Harga yang terjangkau.

5. Stock OS Android yang nggak terlalu ketinggalan jauh.

Dari kelima faktor penentu tersebut, akhirnya pilihan jatuh pada ponsel Android Samsung Galaxy Young S5360 dengan spesifikasi sebagai berikut, diambil dari situs Samsung:

---

Platform:

  • 850 / 900 / 1.800 / 1.900MHz GSM&EDGE Band

  • 900 / 2.100MHz 3G Band

  • 3G Network&Data: HSDPA7.2

  • Android 2.3 (Gingerbread)


Display:

  • 262K Colour TFT Technology

  • 320 x 240 External Resolution

  • 3.0" External Display Size


CPU ARM6 830 MHz / 160 MB RAM

Wi-fi, Bluetooth, A-GPS, pokoknya kumplit gan! :D

---

[caption id="attachment_1169" align="aligncenter" width="330" caption="Galaxy Y Tampak Depan."][/caption]

[caption id="attachment_1168" align="aligncenter" width="330" caption="Tampak Belakang. Kamera 2 MP. Cukup lah buat iseng-iseng!"][/caption]

 

[caption id="attachment_1170" align="aligncenter" width="330" caption="Tampak Samping. Lumayan Tipis!"][/caption]

 Yang saya suka dari Samsung Galaxy Y ini:

1. OS Android 2.3 Gingerbread yang sangat solid, dan nggak ketinggalan jaman,

2. Layar sentuh kapasitif yang responsif,

3. Dimensi keseluruhan yang sesuai dengan kebutuhan saya; nggak terlalu besar dan nggak terlalu imut,

4. CPU cepat dalam memproses aplikasi,

5. Hasil jepretan kamera cukup baik, walaupun nggak bening-bening amat.

6. Aplikasi, Theme dan Launcher yang berlimpah di Android Market,

7. Bonus MicroSD 2GB.

 

[caption id="attachment_1171" align="aligncenter" width="360" caption="Contoh jepretan kamera Galaxy Y. Indoor dengan pencahayaan lampu fluorescent."][/caption]

 

[caption id="attachment_1172" align="aligncenter" width="360" caption="Contoh jepretan kamera Galaxy Y yang kurang senang terhadap cahaya dari outdoor. Kurang bagus. Maaf mengenai kaki yang di gambar ya :D"][/caption]

Yang saya kurang suka dari Samsung Galaxy Y ini:

1. Grip pada body kurang sreg. Berasa licin dan takut jatuh saat memegang ponsel ini,

2. Kamera tidak ada LED Flash untuk membantu pencahayaan,

3. Batere yang ampun DJ boros sekalih bila fitur paket data selalu ON. Dengan aplikasi-aplikasi yang selalu ter-sinkronkan dengan Internet, batere Galaxy Y hanya bertahan 15-20 jam. Untungnya ada aplikasi penghemat baterai!

4. RAM hanya 160MB.

5. Ketergantungan pada mbah Google dan koneksi internet. Tanpa akun Google dan Internet, ponsel-ponsel Android dan ponsel moderen masa kini menjadi mati rasa, ilfeel, ibarat sayur jengkol, tanpa jengkol!

 

Yang ada di dalam Boks Samsung Galaxy Y:

Paket standar ponsel, didalam boks berisi CD software PC Sync KIES, kabel data, baterai, memori MicroSD 2GB, charger dan buku manual.

Berapa harga untuk semua fasilitas yang ada di Samsung Galaxy Y? Per November 2011, harga Jakarta di kisaran Rp. 1.150.000 - Rp. 1.250.000.

 

Kesimpulan:

Untuk saya pribadi sebagai Android user entry level, alias pemula dalam Android, Samsung Galaxy Y merupakan pilihan terbaik, harga terjangkau dengan fitur berlimpah. Harga Samsung Galaxy Y nggak beda jauh dengan ponsel Android generik made in China. Pastikan juga anda menggunakan paket internet yang disediakan operator pilihan anda. Tanpa paket internet, pastinya pulsa bakal jadi boros.

Oke. sampai ketemu lagi di artikel-artikel Go....!!!! BLOG selanjutnya yang pastinya nggak bikin kamuh GoBLOG :D

 

33 comments:

  1. nama aplikasi penghemat batre ny apa bosss ??

    ReplyDelete
  2. tuh bisa tahan baterei brp lama gan???

    ReplyDelete
  3. Rata-rata 1.6, 1.7 kali lipat lebih tahan lama gan. Tinggal diitung aja.

    ReplyDelete
  4. OK,,,dh tr tak cba...thx y infony...
    tdny ane mw komplen ma s.center ny...krain ngdrop nh batre...hehehe
    parah bgt klo tiap hari hrs charge gan...(sring dpke sih)hee

    ReplyDelete
  5. Yah. Smartphone mah pasti boros gan. Apalagi kalo paket data,gps,wifi,btooth aktif semua. Sy brigtness layar juga diredupin 25% aja.

    ReplyDelete
  6. Seleranya sama nih, saya juga kurang sreg sama yang namanya BB. Baru tau ternyata kalau smartphone boros batere, tapi tetep semangat beli android tak loyo. Makasih kawan untuk infonya.

    O ya, untuk kakinya udah dimaapin kok (hehe)...

    ReplyDelete
  7. aplikasi penghemat batterai itu dimana letaknya kasih tau ya
    coba dr start menu awal
    maklum saya pemula. . .

    ReplyDelete
  8. Penghemat batre download dulu di android market. Ada koq artikel khususnya di blog ini. Di artikel terakhir. Coba liat deh.

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah saya sudah memakai SGY (samsung galaxy y) ini, buat menunjang bisnis saya.. Trims infonya

    ReplyDelete
  10. sukses selalu buat bisnis sibos y.

    ReplyDelete
  11. Bukannya RAMnya itu 290 MB boss ??
    160 MB itu kan memory internal....
    mohon pencerahannya yah..

    ReplyDelete
  12. Betul gan. RAM 290MB, space internal 160MB. Waktu artikel ini dirilis, saya masih belum begitu megang speknya. Trims ralatnya :)

    ReplyDelete
  13. Fauzi Nur NoviansyahFebruary 4, 2012 at 10:13 PM

    Gan,apakah samsung galaxy young itu dikunci oleh operator im3 ?? jadi,apakah hanya bisa dipakai di kartu im3 saja ?? tidak bisa di operator lain ??
    mohon pencerahannya...pliss

    ReplyDelete
  14. Setahu saya sih nggak ada acara locking ke satu operator gan. Paling cuma ada paket bundling aja, dengan bonus tertentu. Punya saya nggak di lock koq.

    ReplyDelete
  15. Oh....thx..,,, kalo boleh saranin,kartu apa yang cocok di android ?? kartu as apa cocok ?

    ReplyDelete
  16. semua cocok gan. Gimana selera aja. Sedikit saran, pilih operator yang cakupan koneksi 3G atau HSDPA yang udah sampai ke lokasi agan. Cek aja satu-satu operator, liat tanda diatas indikator sinyal. Kalo E= EDGE, 3G=3G, H=HSDPA. Lebih baik pilih operator yang tampilan sinyalnya minimal 3G atau HSDPA, lalu pilih paket internet yang unlimited sebulan biar nyaman. Kalo saya pribadi pake *L, karena ada paket internet 500MB sebulan RP. 25.000. Cukup lah buat e-mail, chat, browsing2 ringan mah.

    ReplyDelete
  17. SGY itu made in cina bukan sii
    soalnya saya blang "ah hape cina ajah di beli "
    emang bener yahh

    ReplyDelete
  18. sgy yang saya punya made in vietnam.
    yah hari gini apa sih yang nggak dibikin di RRT? bahkan iphone pun dibikin di Foxconn cina, he he.

    ReplyDelete
  19. tp saya yakin hp saya ga cina
    buktinya ha lemot

    ReplyDelete
  20. Gini bos. Hape cina yang banyak beredar dengan berbagai merek itu disebut juga hape generik. soalnya dalemannya rata-rata sama semua dari satu pabrik. nah, hape merek ngetop juga rata-rata dibuat di cina, tapi dengan spesifikasi, detail sirkuit, dan hardware yang berbeda.

    ReplyDelete
  21. Bener itu bos.....semua Hp memang banyak di buat di china sampai ketsingpun dibuat disana.....makasih ya om setiawan .....saya baru coba samsung galaxi y.....infonya barmanfa'at banget buat saya...

    ReplyDelete
  22. SGY saya pabrikan vietnam tapi baterainya made in cina tanpa embel2 d selesaikan d vietnam,apkh btrry asli /aspal.

    ReplyDelete
  23. kalo dari belinya udah begitu ya kita anggap saja asli. kan vendor supplier beda-beda mas.

    ReplyDelete
  24. kalo RAM ny 290 MB apa yg berpengaruh? lemot atau gmana ya? terimakasih :)

    ReplyDelete
  25. RAM kecil pasti berpengaruh ke kinerja gan. Apalagi kalau banyak aplikasi yang jalan di background. Sama aja kayak PC, prosesor/RAM/GPU berpengaruh ke kinerja.

    ReplyDelete
  26. oh ya bang hp abang tombol back dan menu.x g sering macet?
    soalnya baca sana sini SGY trobel pada 2 tombol touch ini?
    aq calon pengguna SGY jadi cari refrensi dulu.
    tolong di jawab.
    thanks

    ReplyDelete
  27. SGY saya buatan vietnam, tu SGY yg asli apa tiruan??

    ReplyDelete
  28. produk asli kan bisa dari buatan berbagai pabrik di bermacam negara sis :D

    ReplyDelete