Monday, May 3, 2010

Pimp Your USB HUB

Judul diatas mirip sama sebuah acara tivi yang menayangkan mobil-mobil para penonton yang diubah oleh sebuah bengkel ketok, hingga mobilnya berubah total dari jelek ke bagus.

Nah, artikel kali ini juga mirip-mirip sama acara tivi diatas. Cuma korbannya kali ini bukan mobil, tapi sebuah USB Hub murahan yang cuma bertahan selama tiga hari! Setelah itu si USB Hub mulai klunak klunuk dan akhirnya rusak.. menyebalkan!

[caption id="attachment_899" align="aligncenter" width="468" caption="UDAH MURAH CEPET RUSAK LAGI!"][/caption]

Karena udah keluar duit buat beli empat biji USB Hub seperti ini-dan semuanya rusak!- Akhirnya saya putar otak lagi biar cari cara supaya USB Hub ini gak terbuang percuma. Oke, saya pikir sudahlah empat port USB ini cuma jalan satu gak apa-apa. Anggap saja USB Hub ini sebagai perpanjangan kabel USB supaya user yang ke warnet saya nggak usah celingukan ke port USB belakang. (Port USB depan casing juga rusak!)

Ayok kita praktekkan sama-sama!

1. Buka casing USB Hub

Membuka casing USB Hub ini gampang koq. Cuma ada tiga baut kecil di ujung-ujung casing. Kendurkan aja:



Oke, USB Hub sudah dibuka dan sudah terlihat papan sirkuitnya. Jadi idenya adalah memutuskan jalur data dari masukan USB dan mem-by pass jalur yang putus tersebut langsung ke salah satu port keluaran USB Hub. Lebih jelasnya bisa dilihat di skema sirkuitnya (sudah disederhanakan):



Setelah di "pimp" maka hasilnya akan seperti ini:

Perhatikan garis merah mem-by pass jalur yang seharusnya menuju chip controller, namun langsung dialihkan ke salah satu USB Output, sehingga secara efektif si USB Hub akan menjadi perpanjangan USB saja.

Bagaimana praktek di sirkuitnya langsung? lihat saja gambar dibawah:

2. Potong jalur yang tidak diperlukan pada papan sirkuit:



Perhatikan sirkuit yang saya putus jalurnya dan garis merah adalah sambungan/bypass ke salah satu port USB.

Memutus jalur PCB mudah saja. Gunakan obeng minus untuk menggurat jalur PCB yang akan diputus sampai nggak terlihat jalur tembaganya. Pada ujung jalur yang terputus kikis sedikit lapisan hijaunya hingga terlihat jalur tembaganya. Ini untuk lapisan timah sebagai landasan kawat jumper

Untuk jalur tegangan +5V dan -5V nggak usah diputus. Ini untuk memudahkan pengawatan dan juga sisa port USB yang nggak dipakai bisa untuk charge MP3 Player atau HP yang portnya USB.

Sediakan kabel berinsulasi atau kawat tipis berinsulasi sebagai jumpernya. Solderkan seperti contoh gambar dibawah.

Hasil setelah di by-pass adalah seperti gambar berikut:



Bagaimana? Mudah kan?

Sebagai catatan: chip controller tidak digunakan lagi karena jalur data utamanya sudah diputus. Lagipula kalau USB Hubnya sudah rusak berarti permasalahan di chip controller kan? hehe

oh ya, contoh sirkuit diatas mungkin nggak sama dengan USB Hub yang para pembaca miliki. Tapi prinsipnya sama aja koq. Kalau setelah dipraktekkan dan dicoba dengan satu perangkat USB, -flash disk misalnya- dan nggak berhasil, kemungkinan pengawatan kabel data nya terbalik. Coba balikkan pengawatannya. Nggak akan ada efek terhadap perangkat USB bila jalur data terbalik, kecuali jalur +5V dan -5V nya yang terbalik.. itu mah wassalam!

No comments:

Post a Comment