Friday, August 7, 2009

Scan Kelemahan Sistem dengan Secunia PSI

Halo halo selamat sore semuanya

Artikel kali ini mengetengahkan satu software yang dinamai Secunia PSI (Personal Software Inspector)

Apa sih fungsi dari Secunia PSI ini?

Yah singkatnya Secunia PSI ini bertindak sebagai inspektor atau pemeriksa semua software yang terpasang di komputer kita. Secunia PSI kemudian akan menyarankan patch yang sudah tersedia untuk software yang sudah terinstal tersebut.

Mengapa hal tersebut menjadi penting?

Penting sekali. Sebab semua software tidak ada yang sempurna alias 100% bug free pada saat diedarkan. Jadi secara berkala selalu ditemukan kelemahan-kelemahan pada software tersebut yang memungkinkan komputer kita menjadi terganggu kinerjanya.

Apalagi jika dikaitkan dengan masalah keamanan sistem, maka patch software menjadi sangat krusial bila kita tidak ingin komputer kita diganggu oleh serangan dari luar, alias dari internet.

Oke langsung saja download dulu Secunia PSI dari sini dan instal seperti biasa (next, next bla bla...) lalu jalankan

1

Pertama kali dijalankan Secunia PSI akan memeriksa keseluruhan software yang terpasang di sistem. Tunggulah hingga selesai dan periksa hasil scan Secunia PSI seperti gambar dibawah

2

Dari hasil scan sistem saya sendiri didapatkan 6 Security Threats. Klik saja pada kolom Threat Rating pada masing-masing nama software untuk mengetahui vulnerability/kerawanan apa saja yang terdapat pada software tersebut.

Enaknya lagi si Secunia PSI sudah menyediakan link download patch untuk masing-masing software yang tersedia di kolom Solution.

Jadi itu saja yang harus dilakukan!

Setelah mem-patch software yang rawan seperti diatas saya anjurkan scan lagi sistem anda untuk memeriksa apakah masih ada software yang belum di patch.

Sekian terima kasih!

No comments:

Post a Comment