Sunday, December 28, 2008

PhotoScape. Freeware Photo Editing

Selamat pagi para pembaca setia Go....!!!! BLOG yang saya cintai. 

Kabar gembira buat anda-dan juga buat saya. Ternyata ada software edit foto yang baik dan mumpuni untuk keperluan sehari-hari yang diberi nama PhotoScape.

LATAR BELAKANG

Sebagai pengelola warnet tentunya tidak lepas dari pengguna yang ingin mencetak warna atau foto. Repotnya seringkali para operator bingung jika ada yang ingin mencetak foto dalam ukuran tertentu. Misalkan mulai dari ukuran pas foto (2 x 3, 3 x 4 dan seterusnya) hingga ukuran 2R, 3R dan seterusnya.

Sebelumnya untuk pekerjaan pencetakan foto saya menggunakan Adobe Photoshop atau Corel Draw, foto di sesuaikan ukurannya secara manual dan ditempatkan sedemikian rupa dan siap untuk dicetak. Tapi pekerjaan ini membutuhkan waktu lama dan hasilnya tidak konsisten.

Iseng punya iseng dari teman saya memberitahu bahwa ada satu software yang dia pakai yang cocok untuk keperluan mencetak foto dan freeware.

...Apa!!!? Masih ada orang baik diluar sana yang mau membuat software gratis dan hanya bergantung pada donasi semata !? bless you PhotoScape Creator. Yah biarpun freeware tapi di situsnya bertebaran iklan dari Google Adsense..hehe..yah seimbang lah!

Baik, karena saya juga baru belajar menggunakan PhotoScape ini (dan ternyata cepat sekali mempelajari software ini) maka kita fokus ke fasilitas pencetakan foto saja :

pscape1Tampilan awal PhotoScape adalah seperti diatas, dan untuk fasilitas pencetakan langsung klik icon PRINT.

pscape2


Ini adalah tampilan bagian kiri PhotoScape untuk mencari direktori/folder tempat disimpannya gambar yang akan dicetak,


 


pscape3


Ini adalah tampilan bagian tengah PhotoScape sebagai area kerja,


 


pscape4


Dan ini adalah tampilan bagian kanan PhotoScape untuk memilih media kertas dan ukuran foto yang akan dicetak.


 


Cara pakainya gampang. Anda tinggal men-drag foto yang diinginkan dari bagian kiri PhotoScape ke area kerja. Sesuaikan ukuran foto yang diinginkan dengan mengklik pull down menu Portrait Shot Print. Ukuran foto jika diterjemahkan kedalam satuan centimeter adalah sebagai berikut :


2R    : 6 x 9 cm


3R    : 8.9 x 12.7 cm


4R    : 10.2 x 15.2 cm


6R    : 15.2 x 20.3 cm


8R    : 20.3 x 25.3 cm


10R : 25.4 x 40.5 cm


12R : 30.5 x 40.5 cm


Jadi sesuaikan saja ukuran foto (R) nya yang terdapat di menu Portrait Shot Print.


 


Nah setelah itu anda tinggal menyesuaikan ukuran kertas di printer dengan klik Print Setup, lalu print dan beres! Tidak perlu lagi mengatur foto secara manual.


Masih ada banyak fitur di PhotoScape ini yang belum saya singgung dan saya yakin anda tidak memerlukan waktu lama untuk menguasai semua teknik pada software yang satu ini.


Selamat mencoba!

16 comments:

  1. waw. thx bgt yawh. aku penjga wrnet en eng lg cri konversi ukuran R ke cm.

    thx bgt

    ReplyDelete
  2. thanks alot friends saya memang usaha cetak photo

    ReplyDelete
  3. ake boz sa download ada yang laen

    ReplyDelete
  4. wah salut Bos, terbantu skali, terimakasih.

    ReplyDelete
  5. makasih ya mas aku sangat terbantu sekali>>>>aku download ya???>>>>>

    ReplyDelete
  6. info berguna sekali... :)

    ReplyDelete
  7. Thanks mas ....sharing nya amat berguna bgt....maju trs....piss !!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  8. terima kasih sudah berkunjung ^^

    ReplyDelete
  9. Thx Brader, Sangat Bermanfaat, Jika Berkenan Mohon Diemail Tips Yang Lain Tentang Software Photo. ;))

    ReplyDelete
  10. aku baru pelajarin ni cara kerja...msh sdkt binun jg si mklm baru prtama...thanks ya

    ReplyDelete
  11. ia. Gampang koq pakenya. Dicoba aja dulu ok ^^ v

    ReplyDelete