Tuesday, October 28, 2008

D-One SG108. Ponsel Murah Sarat Fitur

Jyaaa...!!! Lagi nggak mood ngisi Blog. Jadi udah beberapa hari ini Blog saya sepi nggak ada artikel baru :p

Ya udah deh artikel kali ini yang ringan-ringan aja, yaitu mengenai ponsel D-One SG108.

Kenapa saya turunkan artikel mengenai ponsel SG-108 ini? Karena ini ponsel terbaru saya (jieee). Itu aja!

 

[caption id="attachment_496" align="alignnone" width="195" caption="D-One SG108"]D-One SG108[/caption]

Yah, kalo ponsel saya yang lama nggak rusak-rusak amat sih saya juga nggak bakalan beli ponsel baru. Mending buat beli susu formula buat anakku..hehehe. Ponsel saya yang lama (Samsung R220) udah nggak bisa di-charge lewat adaptornya, jadi harus di-charge lewat charger desktop. Udah gitu batrenya juga nge-drop. Jadi di-charge satu hari penuh cuma tahan satu hari pula! Ditambah mikrofonnya kadang nggak berfungsi. Ya udah deh! Beli aja yang baru!!!!

Jadilah dua minggu yang lalu saya pergi ke Harco Mangga Dua, sekalian membeli hardware pesanan orang. Pokoknya target pulang harus punya ponsel baru!. Tapi uang di saku cuma 700 ribu? Yaaah paling cuma kebeli ponsel 'kacangan' !

Ternyata ada juga ponsel dengan kisaran harga 600 ribuan yang punya fitur lengkap. salah satunya ya D-One SG108 ini. Awalnya saya skeptis melihat ponsel yang kurang ngetop ini. Tapi setelah saya teliti lebih jauh ya lumayan juga fiturnya. Bandingkan dengan ponsel merek terkenal, misalnya Nokia. dengan uang 700 ribu kita dapat ponsel tipe apa ya?

Fitur yang terdapat pada SG108 ini lumayan banyak : Layar 65 ribu warna, Bluetooth A2DP, Media Player, VGA Camera, Extended Memory Micro SD, MP3 ringtones, dan FM Radio. dengan harga Rp. 650.000,-

 

DESAIN

Dengan desain kotak sederhana dengan ujung yang membulat ponsel ini lumayan tipis dan enak digenggam. Letak tombol-tombol pun tepat dan tidak repot dalam penggunaan. Dengan model tombol 4 arah dalam mengakses menu juga menambah keunggulan ponsel ini. Keypad pun tidak keras, juga tidak terlalu empuk. Intinya tombol-tombol pada ponsel ini pas dan nyaman di jari. Namun sayangnya SG108 ini nggak menyertakan dedicated button untuk fungsi-fungsi utamanya. Jadi jika ingin mengakses kamera-misalnya-kita harus masuk ke sub menu-sub menu. Namun hal ini bisa diatasi dengan menempatkan shortcut key pada tombol 4 arah-nya.

PERFORMA 

Waktu startup dari ponsel ini terbilang cepat. Mulai dari dinyalakan tidak sampai lima detik sudah bisa digunakan. Pencarian jaringan pun sangat cepat. Ini yang membuat saya kagum. Bahkan dengan posisi memori eksternal terisi 80% performa startup tidak terpengaruh.  Speakernya pun terbilang jernih dalam melantunkan musik MP3 atau ringtone MIDI. Penangkapan sinyal radio FM pun cukup baik dengan headset terpasang. Namun headset bawaannya kualitas suaranya kurang bagus. Satu hal yang menurunkan nilai ponsel ini adalah brightness  atau kecerahan layar LCD yang kurang. Jika menggunakan ponsel ini dalam kondisi siang hari dapat dipastikan layar hampir tidak dapat dilihat! Kamera VGA pun cukup lumayan untuk penggunaan iseng-iseng dengan cahaya yang cukup.

Ketahanan baterai terbilang sangat baik, dengan waktu pengisian singkat ± 1jam ponsel bisa digunakan selama tiga hari (pemakaian wajar). Baterainya pun menggunakan baterai yang sama dengan baterai Nokia (BL-4C).

KESIMPULAN

dengan harga yang ditawarkan ponsel ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin ponsel dengan fitur yang bisa menyaingi ponsel merek ternama. Layanan purna jual pun tersebar di beberapa kota besar, didukung oleh Sarindo yang juga menggawangi merek Motorola.

33 comments:

  1. yupz... ni hape emang keren bangggeeeetttttt!!!! kemarin sore q baru aja beli nih hp!!!!!!! tapi q belinya cuman yg seken ajah,, duit terbatas sih,, q beli cuman 350ribon, tapi batangan.......
    pokoknya ni hape keren banget dah,, hape mungil, ringan, gak ribet, warna elegan, ada radio, kamera, bisa gprs , mp3 player, plus ada memory externalnya, meskipun q pake yg 512MB dan q isi mpe hampir penuh tapi hapenya sama skali gak lemot!!!! trus layarnya juga kayak cermin gitu jadi bisa buat ngaca,, hehe....

    pokoknya q gak nyesel beli nih hape!!!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  2. hehe.... habisnye ane puwas buanget seh...............

    ReplyDelete
  3. d pake internetan ternyata ok jg, q dah nyoba pake bluetooth, kartune pake im3

    ReplyDelete
  4. o..isok toh mbah...aku belum nyoba2...suwun infone ^^

    ReplyDelete
  5. numpang nyari info nih....btw, muat kapasitas sampe berapa memory eksternalnya?

    ReplyDelete
  6. ^^ nggak ada di buku manualnya. Tapi saya pake yang 1GB operasional normal koq ...
    Salam ^^

    ReplyDelete
  7. DalamPaket Penjualan ada kabel datanya buat PC/Notebook?

    ReplyDelete
  8. tidak ada pak ^^
    Saya juga carinya susah nih..
    Alternatifnya bisa pakai card reader atau via bluetooth saja ^^

    ReplyDelete
  9. Klo Kantor Cabang d Surabaya ada G?
    Klo HP nya kenapa2 gm?
    thx

    ReplyDelete
  10. bisa dilihat di www.sarindo.com ^^

    ReplyDelete
  11. Numpang tanya mas, maaf agak banyak:

    1. Konektor headset modelnya jack 3.5 mm atau tipe usb?
    2. Respon keypad untuk mengetik apakah lambat (ada delay)?
    3. SMS sudah mendukung T9 bhs Indonesia belum?
    4. Radio FM apakah bisa pakai speakerphone ?

    Saya baca dari tabloid ponsel, benar gak ya data di bawah ini:
    1. Dual sim card GSM
    2. Diagonal layar 1.8 inch
    3. Ukuran pixel: 128 x 160
    4. Ukuran ponsel sepertinya masih agak tebal ya? Di atas 2 cm?

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  12. 1. Konektor headset tipe port bawaannya. Jadi untuk data dan headset jadi satu (USB), tapi kabel datanya juga saya susah menemukan di pasaran :(

    2. Respon keypad adalah yang terbaik dari semua HP yang pernah saya pakai. Benar lho, kecepatannya sebanding dengan Nokia jadul semacam 3210 ^^

    3. T9-nya saya juga bingung nich, walau sudah aktif tapi text predictionnya tidak berjalan :( jadi kesimpulan saya SG 108 tidak ada T9 -nya..cmiiw

    4. Bisa. tapi kabel headset harus terpasang.

    --------------------------------------
    1. Single card GSM
    2. 1.5 inch dengan reflektif shield. "bisa ngaca" tapi kelemahannya nggak bisa digunakan di luar ruangan. Nggak keliatan! :'(
    3. betul
    4. 1, 2 cm. Bentuknya simple saja. hanya kotak dengan sudut membulat dan kokoh dipegangnya, alias material casing nggak murahan.

    Info lebih lanjut silakan ke www.sarindo.com ya ^^

    ReplyDelete
  13. ni hp mang keren tapi sayang kelemahan na 1 yang ga bisa buat narsis2...hehe...


    yang di hasilkan dari camera na jeleq beudd..


    gw dah pegang hp ni selama krg lbh 1/2 thnan gtu dech...

    cz wkt ggw beli batangan..harga na 100rb..cas pke hp nokia gw juga bisa...

    ReplyDelete
  14. Emang nich hasil kameranya ancur T_T
    Harga jual kembali juga ...yah segitu deh T_T

    ReplyDelete
  15. mbah..
    isoo digawe modem bletooth ta..??
    akko nyobak kog gak gelem yo...??? akko yo nggawe kartu im3...
    tulung piye carane yo ben iso gawe modem bluetooth..??

    ReplyDelete
  16. mbah,,,
    iso digawe internet bluetooth ta..??
    akko moro nang dealer resmi-ne kok jarene gak iso yo...
    nek iso kirimno carane nang emailku mbah..

    putranyo@gmail.com

    ReplyDelete
  17. wijs wijs..guampang iku...
    1. USB Blututh nang komputer aktipno

    2. Nang layar bluetooth service (soleil) golek'i HP sampeyan

    3. wijs HP ne ketemu nang blutute. mlebu nang pilihan DUS (dial up service bluetut). trus pencet DIAL

    4. Biasane wijs langsung iso nge-dial. TAPI setelan nang HP kudu wijs bener. (SG 108 wijs ono pilihan-pilihan koneksi teko operator) . Menu-ne ono nang :

    WEB-Data Account-GPRS..pilih operator
    WEB-Data Account-GSM DATA..pilih operator

    mudah2 an jelas ^^

    ReplyDelete
  18. odda dicobak kug...
    tapi kug ga mau ya,...
    tolong step by stepnya di lampirkan mas...
    bingung niy....

    thx

    ReplyDelete
  19. sudah dilampirkan lewat e-mail bagaimana sudah diterima ? ^^

    ReplyDelete
  20. oke thank you mas eko....
    niy skrg odda pake D-one buat nngenet...
    wkwkwkwk...

    ^o^

    ReplyDelete
  21. harga hp'y d one'y harus d naik'n lagi ya.......!!!!!!


    biar gua ng'jual'y bsa lbih tnggi.......

    omat nya akang.......

    hahay.......

    broooooooottttttt.......!!!!!!!!

    ReplyDelete
  22. jiah... tetep sama aja deh gan Dadang. Mu harga selangit tapi namanya HP merek aneh-aneh mah harga jualnya ambruk! Beli HP kayak gini mah jangan buat dijual lagi..hihihi... ^^

    Jadi ingat jaman HP Nokia 7650. Pertama kali keluar harganya Rp. 4 juta-an. Sekarang? Paling mahal Rp. 500 ribu... weleh!

    ReplyDelete
  23. bisa, saya coba internet teethering dengan bluetooth dongle mediatech.
    caranya:
    1. buka IVT bluesoleil, cari HP dengan bluetooth device discovery.
    2. setelah HP ditemukan, dobel klik untuk melihat service yang tersedia
    3. buka bluetooth dial up networking service
    4. masukan nama username dan password. untuk telkomsel username: wap dan passwor: wap123, dial ke *99***1#
    5. klik connect dan setelah terhubung, buka browser.
    6. jika autentifikasi ke jaringan gagal, masukkan extra initialization command pada phone and modem option di control panel. pengaturan selengkapnya googling aja karena berbeda untuk setiap operator. (kartu as saya tidak perlu beginian)

    ReplyDelete
  24. mas klo wireless camera berapa harganya?

    ReplyDelete
  25. mass..
    muu nanyaa informmasii n saran nii..
    aqq lgi nyari hp tp yg ada camera , memori ext. , bluetooth , n 3G/HSDPA , MP3 Player , JAVA...
    n kira kira hrgany dibawah 2JT..
    tolong yaa mass..
    makasihh..
    (buatt yg laen juga bisa kasih saran)

    ReplyDelete
  26. Nokia 5230 XpressMusic @1,9jt. ada smua tuh yg deea bth...

    ReplyDelete
  27. hemm.. saya sarankan dhea pilih produk Motorola. Misal ROKR ZN50..jujur aja, sama prodak Nokia saya kurang sreg.. dengan harga yang relatif sama kita dapat fitur yang berlebih pada merek selain Nokia ^^

    ReplyDelete
  28. No offense dan ga bermaksud menjelek2 kan produk motorola. sekedar share aja, pengalaman pribadi saya menggunakan moto q8 cdma, servis center motorola tidak memuaskan.
    setelah saya membeli HP tersebut, 2minggu kemudian konektor charger saya rusak, karena saya tidak bawa kartu garansi (tertinggal di daerah asal saya), saya putuskan untuk mengganti konektor charger secara berbayar (dikenakan ongkos servis 75rb untuk charger, dengan harga konektor 45rb). proses servis kurang memuaskan, karena terlihat banyak baret dan karet penutup baut terlihat cacat, pcb di bawah baterai pun terlihat gosong.
    penggantian tersebut tidak bertahan lama, 2 bulan kemudian kembali HP saya tidak bisa cas.
    kali ini saya bawa ke servis center surabaya (daerah asal). setelah teknisi mengecek, katanya konektor saya dipasang asal2an oleh motorola bandung, konektor charger diganti gratis, tapi pelayanan tidak memuaskan, saya disuruh memfotokopi kartu garansi dan ktp pada waktu servis (bayangkan mau cari tempat fotokopi di mana di dalam sebuah mall). servis pun memakan waktu satu minggu, konektor tersebut hanya bertahan 2minggu. setelah itu ibu saya kembali ke sana, dan setelah berunding, barulah konektor saya diganti hari itu juga. sementara masih tidak ada masalah, tetapi kondisi karet penutup baut dan casing saya sudah sangat parah akibat seringkali dibongkar-pasang, saya pastikan apabila dijual kembali harga HP tersebut sudah sangat rendah.
    Saya kecewa pada motorola karena:
    1. harga HP turun paling drastis, moto Q8 september lalu masih dijual dg harga 1.799rb, sekarang sudah 888rb. bagi pembeli memang enak, bagi pemilik yang ingin menjual kembali, bayangkan saja... Moto ZN5 yang memiliki lensa kodak, turun dari harga 4jt pada tahun lalu hingga 1,4jt saja. regulasi harga tidak ada...bukan barang investasi.
    2. servis center terkesan main2, padahal ongkos servis tidak murah.

    ReplyDelete
  29. Satu uneg2 lagi dari teman saya yang membeli MOTOsurf A3100. Hape ber-OS windows mobile 6 tersebut setelah dipakai kurang lebih 1 minggu, sering hilang sinyal dan merestart sendiri. kecewa karena pihak motorola tidak menemukan apa masalahnya, dan hanya menawarkan solusi instal ulang dan hard reset saja walaupun teman saya tersebut bolak-balik komplain ke motorola bandung, teman saya akhirnya putus asa dan berniat menjual HP tersebut. alangkah kagetnya, ketika dicoba ditawarkan ke pedagang di Bandung Electronic Center, penjual di sana hanya berani menawar 1,4 jt paling mahal, 2 bulan sebelumnya teman saya beli dengan harga 3,75jt. Menyesal karena harus memakai HP rusak tersebut, karena terlanjur memilih motorola tersebut dan tidak bisa dijual. Mohon dipertimbangkan berbagai faktor dalam menentukan HP. layaknya Toyota Avanza, HP yang mudah dijual akan memberikan investasi untuk membeli HP yang lebih baru, karena akan sangat disayangkan, kita memakai HP dengan teknologi yang sama seumur hidup gara2 HP lama tersebut tidak dapat ditukar tambah...

    ReplyDelete
  30. hemm... turut prihatin sama simas yang pernah pakai Motorola :(
    well... semua saya serahkan pada pembaca yang budiman ^^ yang sudah mengetahui baik buruknya suatu produk ^^
    Terima kasih atas infonya.
    Mungkin ada pembaca yang lain yang punya pengalaman tentang HP merek lainnya?
    Silakan berbagi dimari

    ReplyDelete