Saturday, August 16, 2008

Tidak Bisa Berinternet Setelah Terserang Spyware, Trojan dan Teman-temannya.

Ahem..Singkat aja ya..

Setelah komputer kita terserang spyware, atau menginstal software tidak jelas yang mengandung spyware, virus atau trojan, biasanya kita segera membersihkan sistem kita dengan spyware remover atau anti virus biasa.

Tapi bagaimana kalau sistem kita sudah sedemikian parahnya terjangkiti penyakit seperti tersebut diatas ?

Kemungkinannya sistem tidak akan berjalan sempurna-walaupun sudah bersih dari "kotoran"- Ini karena si virus atau spyware meninggalkan jejak yang menimbulkan keanehan pada sistem.

Contohnya ada user saya yang mempunyai kasus seperti diatas.

Setelah saya scan apakah ada spyware dengan AdAware dan AVG 8.0 sistem bisa dikatakan sudah bersih. Namun keanehannya adalah dia tidak bisa browsing atau terhubung dengan internet.

Langkah pertama yang saya lakukan sudah tentu memeriksa setting koneksi internetnya, instal ulang driver-driver dan rekonfigurasi Windows Firewall.

Tapi saya kembali teringat satu tahun lalu ada kasus yang sama seperti ini. Ternyata penyebabnya adalah kebuntuan koneksi internet pada Windows Firewall (XP Professional SP2).

Cara biasa melalui Control Panel-Firewall tidak akan berhasil. Walaupun semua settingan firewall sudah dikembalikan ke default, bahkan walaupun firewall dimatikan koneksi tetap buntu.

Jadi untuk penyelesaiannya adalah resetting Windows Firewall melalui command prompt.

1. Klik Start-Run-cmd-Enter

2. Pada konsol command ketikkan :

rundll32 setupapi,InstallHinfSection Ndi-Steelhead 132 C:\windows\inf\netrass.inf


Perhatikan benar-benar huruf besar dan kecilnya (case sensitive). Contoh diatas mengasumsikan direktori sistem (Windows) anda di drive C:\ Sesuaikan dengan keadaan sistem anda.


3. Restart


4. Masuk kembali ke command prompt lalu ketikkan


NETSH FIREWALL RESET


Tunggu hingga perintah diatas menampilkan hasil "OK".


Langkah diatas akan mereset semua setting Windows Firewall ke keadaan awalnya.  Kemudian coba kembali browsing. Pasti bisa deh ! :D


Oke sudah dulu ya..


Sumber :


University of Arizona

No comments:

Post a Comment