Wednesday, March 26, 2008

Returnil Systems Personal Edition

Howdy...

Sobat pembaca telah baik sekali memberikan komentar tentang artikel di blog ini : WinSteadyState Vs DeepFreeze dan memberikan link ke Returnil Systems Personal Edition.

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa fungsi dari WinSteadyState, DeepFreeze dan Returnil adalah sama, yaitu mengembalikan (restore) sistem komputer ke keadaan semula. Review dari WinSteadyState dan DeepFreeze telah dibahas pada artikel sebelumnya.

Nah sekarang kita lihat satu software yang bernama Returnil Systems Personal Edition, atau kita singkat saja dengan VS2008.

Returnil Systems Personal Edition

Returnil ini adalah  perusahaan tertutup (bukan Tbk) dan berpusat di Latvia. Menarik sekali bahwa ada software company yang berasal dari negara yang kurang terkenal akan perkembangan software-nya (atau saya yang kurang up to date ya ?)

VS2008 ini mirip dengan DeepFreeze dan WinSteadyState dalam penggunaannya yaitu menyediakan virtual partition sebagai tempat menyimpan file, sehingga file-file yang disimpan di virtual partition tersebut tidak hilang saat restart.

Tapi pernahkah anda berpikir, bagaimana sih cara kerja software-software seperti DeepFreeze, WinSteadyState atau Vs2008 ini ? Saya juga baru menemukan "titik terang" cara kerja software diatas setelah mencoba VS2008. Jadi cara kerjanya kurang lebih seperti berikut :

  • Partisi sistem atau partisi yang dilindungi oleh Vs2008 dibuatkan cloning-nya.



  • Saat  kita menggunakan komputer yang menggunakan VS2008 sebenarnya kita bekerja di Virtual Partition-nya, bukan partisi asli komputer kita, sehingga perubahan yang terjadi pada sistem hanya bersifat semu dan sementara (wow..kayak dakwah aja yah..) cmiiw...


Well...tidak banyak yang bisa saya utarakan disini, sebab saya juga belum mencoba mengaktifkan VS2008, hanya sebatas instalasi saja. Monggo anda coba sendiri dan sampaikan hasilnya di forum blog ini.

Matur nuwun terima kasih

4 comments:

  1. G deh coba pake returnil, jd setiap kita nginstal program trus komputer kita restart maka program yg kita instal tadi sudah hilang lagi. Nah masalahnya klo kita mau uninstal program returnil ini kan diminta password, trus klo passwordnya lupa gimana sih cara ngakalinnya, mohon bantuannya

    ReplyDelete
  2. Default password adalah kosong (blank) jadi pas minta password di enter saja.

    Jika memang sudah di password kirim email ke :
    support (at) returnil (DOT) com dengan attachment file RVSYSTEM.dat dan tim returnil akan membantu mengekstrak password kamu.

    Untuk mencari file .dat tersebut, aktifkan pilihan "show hidden files and folders" di Windows Explorer-Folder Options dan pergi ke folder RVS di c:\returnil. Buat e-mail dengan subject "Help, I forgot my password! DAT file attached"

    ReplyDelete
  3. kawan. bntu aku bagaimana cara mengatasi lupa pasword returnil. saya mau menginstal program lain. namun sering hilang. karna program returnil dalam keadaan on.dan aya lupa paswornya. bagaimanaya membukanya flisss kasih tau saya ya,,,,,,

    ReplyDelete
  4. Default password adalah kosong (blank) jadi pas minta password di enter saja.
    Jika memang sudah di password kirim email ke :
    support (at) returnil (DOT) com dengan attachment file RVSYSTEM.dat dan tim returnil akan membantu mengekstrak password kamu.
    Untuk mencari file .dat tersebut, aktifkan pilihan “show hidden files and folders” di Windows Explorer-Folder Options dan pergi ke folder RVS di c:\returnil. Buat e-mail dengan subject “Help, I forgot my password! DAT file attached” ^^ v

    ReplyDelete