Thursday, January 14, 2010

Adjusting Laser Gain Optical Drive

Kalau punya optical drive (CD ROM) yang pembacaan CD nya sudah melemah. Jangan dibuang ke selokan dulu.


Siapa tahu bisa dipakai lagi. Nah. Artikel kali ini saya akan membahas gimana caranya menaikkan kekuatan tingkat pembacaan optical drive tersebut.

Pendahuluan

Optical drive lawas, terutama CD ROM keluaran 1997 keatas saat ini masih banyak digunakan. Namun ada satu kendala yang banyak menghantui pengguna CD ROM jadul ini, yaitu pembacaan CD nya yang relatif lama atau terkadang sama sekali nggak bisa membaca CD.

Sebenarnya ada trik supaya CD ROM tersebut bisa gegas membaca CD, yaitu menaikkan-apa yang saya sebut-Laser Gain. Sejujurnya saya nggak bisa menjelaskan secara teknis mengenai cara kerja CD ROM ini. Seluruh trik pada artikel ini hanya berdasarkan pengalaman dan pengamatan cara kerja optical drive.

Perhatian: Artikel ini hanya membahas mengenai CD ROM. Belum dicoba untuk DVD ROM atau DVD RW. Jika optical drive masih bergaransi-lebih baik ditukar saja dengan yang baru!

Oke, langsung aja kita masuk ke tahap pertama:

1. Buka casing CD ROM

Membuka casing CD ROM mudah saja. Untuk contoh kali ini saya menggunakan CD ROM Sony. Struktur casing dan cara membuka casing mungkin berbeda dengan CD ROM anda. Tapi garis besarnya seperti ini:



Terlebih dahulu keluarkan tray untuk mempermudah membuka casing. Bila CD ROM sudah terlanjur dilepas dari power, gunakan paper clip untuk menekan mekanisme pembuka tray:

Bila tray sudah terdorong keluar, pelan-pelan tarik tray hingga keluar penuh:



Lepaskan panel depan dengan menggeser klip penahan panel.

Kendurkan 4 buah baut di bagian bawah casing dan angkat tutup bawah. Maka akan tampak bagian bawah CD ROM seperti dibawah:



2. Melepaskan Papan Sirkuit CD ROM

Seperti yang terlihat pada gambar terakhir diatas, terdapat papan sirkuit yang menutupi mekanisme CD ROM.



Pada bagian kiri sirkuit terdapat klip plastik yang menahan papan sirkuit pada tempatnya. Renggangkan klip dan angkat papan sirkuit sebelah kiri.



Pada bagian sebelah kanan sirkuit terdapat konektor yang menancap ke mekanisme CD ROM (fleksibel). Lepaskan dengan hati-hati dan sekarang sirkuit sebelah kanan bisa diangkat.



Sekarang keseluruhan papan sirkuit bisa dibalikkan. Masih terlihat ada satu fleksibel lagi yang masih menancap di papan sirkuit. Fleksibel di bagian tengah ini adalah komunikasi data utama CD ROM. Hati-hati melepaskan fleksibel ini. Kendurkan klip penahan fleksibel di sisi kanan dan kiri konektor dengan cara menggesernya ke atas:



Setelah fleksibel sudah terlepas, seharusnya sekarang sudah terlihat mekanisme CD ROM dan optical assembly-nya, yaitu pembaca data dengan cara menembakkan laser ke CD:



Perhatikan lebih dekat lagi. Pada gambar atas yang saya tunjukkan terdapat sebuah trimpot, yaitu sejenis potensiometer yang fungsinya seperti Volume di speaker aktif anda:

ZOOM IN:



3. SET Laser Gain

Nah, si trimpot ini -menurut pengamatan saya- adalah sebagai pengatur tingkat kekuatan laser yang dipancarkan, atau bahasa kerennya Laser Gain. Triknya adalah, putar sedikit trimpot ini searah jarum jam menggunakan alat apa saja. Bisa dengan tang lancip atau obeng mini.

Putar sedikit saja dan perhatikan apakah trimpot sudah benar terputar.

4. Pasang Lagi Semuanya

Kembalikan semua komponen CD ROM ke tempatnya semula dengan urutan terbalik dari membuka.

5. TES

Sekarang coba pasang CD ROM ke komputer dan tes dengan sembarang CD. Bila CD ROM sudah mampu membaca CD dengan gegas, berarti praktek kali ini selesai ;)

Bila CD ROM masih membandel juga, naikkan sedikit lagi setelan laser gain.

Begitu juga bila setelah sekian lama CD ROM kembali kesulitan membaca CD, naikkan lagi setelan laser gain. Bila nantinya posisi trimpot sudah di posisi paling kanan (ditunjukkan dengan posisi tonjolan di trimpot), berarti optical assembly sudah berakhir usia pakainya.

Bagaimana? Berani mencoba?

24 comments:

  1. terima kasih mas atas pembelajaran yang sangat bermanfaat ini. saya langsung praktekan. dan alhamdulillah dvd rom saya sudah normal lagi. semoga amal baikny di terima di sisi Allah SWT ( Amein ) mas tolong dong kasih tau cara perbaikan Mother board. mother board saya ga bisa baca ram kalo dua keping ram di pasangkan padahal ramnya normal. terimakasih. wassalam.

    ReplyDelete
  2. terima kasih atas doanya mas ^^
    Dua keping RAM kalau beda merek dan beda Chip atau beda speednya memang kadang nggak bisa seiring sejalan. Misal DDR2 PC 5300 dan PC6400, si DDR yang PC6400 kalaupun mau dipasangkan dengan sejawatnya dia akan mengikuti kecepatan si PC5300.

    Jadi coba dicari dulu RAM yang sama persis, atau setidaknya yang chip nya sama ^^

    ReplyDelete
  3. Cara tersebut dapat merusak CD-ROM atau DVD-ROM kagak Mas .... ?

    Misalnya hanya bisa ngebca CD-ROM padahal pemutarnya DVD-ROM

    ReplyDelete
  4. Bisa saja. Seingat saya, saya pernah bongkar DVD ROM/RW trimpotnya ada dua. Penyetelan salah satu trimpot menghasilkan pembacaan CD yang bagus tapi baca DVD nya memble ^^

    ReplyDelete
  5. Sy dah pernah nyoba cara tsb, ada gagalnya sedikit suksesnya :D:D:D. Sekarang rata2 di CD/DVD R/RW suka ada masalah baru. Motor penggerak keluar masuknya tray CD suka error. Ada yg in-out sendiri. Ada yg terlalu cepet muterin CDnya. Ada yg tau2 nyangkut traynya, ngunci di relnya. Apa itu masalah micro dynamonya? Sy jg belum tau. Ada yg pernah nyoba?

    ReplyDelete
  6. Kalo itu dari sebagian besar drive yang saya oprek permasalahannya ada di puli penggerak tray yang sudah sangat elastis. Ganti saja dengan puli untuk mekanik kaset atau CD Player yang banyak tersedia di toko elektronik.
    Salam ^^

    ReplyDelete
  7. Terimakasih banyak sangat informatif dan berguna sebelum dibawa ke mantri suntik, lol^^
    Mas dvd combo drive laptop saya toshiba satelite a215 si optiknya nyangkut ditengah-tengah jadi dalam kondisi idle nya dia ada ditengah karena penggunaan yg ekstrim dan udah tua juga, efeknya jadi pilih-pilih cd dvd, rada mikir dua kali mau diservice, mau coba kalibrasi dulu kira-kira bisa gak mas, dan apa caranya sama kyk buat pc.

    Makasih..

    ReplyDelete
  8. Kalo nyangkut di tengah, coba bersihkan rel-rel mekanik dan optik. Karena mekanik drive optik laptop lebih njelimet dan ringkas. Cara menyetel optik sih sama saja.. Silakan cari trimpot di bawah optik nya.
    Trims

    ReplyDelete
  9. maf mas saya ko belum nemu yg nmay trimpot,lo dvd miliky asus di bagian mana ya mohon bantuany

    ReplyDelete
  10. Mas saya punya DVD Asus, baru pakek 3 minggu ud gak bisa baca CD lg, saat CD dimasukan dia proses baca, tapi gagal dan kemudian berhenti sendiri, kemarin sering pindah2 PC DVDnya, kira2 apa masalahnya mas ?
    bisa langkah2 di atas saya gunakan ?

    ReplyDelete
  11. terimah kasih sebelumnya . . .
    im4m89@yahoo.com

    ReplyDelete
  12. Saya sarankan lebih baik ditukar dulu mas. Karena masih baru pastinya ada garansi. DVD drive lebih sulit mengatur gain nya. Namun patut dicoba.

    ReplyDelete
  13. Wahh infonya berguna bgt nih om, berhubung DVDROM ane juga lg bermasalah, ngembaca CD lama bener bahkan lebih sering nggak bisanya (kemungkinan optic nya lemah ya ?) BTW, pencinta bis mania juga ya?

    ReplyDelete
  14. Berlaku untuk DVD ROM/RW nda??

    ReplyDelete
  15. Berlaku untuk DVD ROM/RW, namun penyetelannya lebih rumit. Saya belum berhasil menyetel optik DVD RW :D

    ReplyDelete
  16. Punya saya mala masalah nya di DVD- RW...
    Asus DRW-24B1ST...
    Baca nya uda susah, burn ny jg masalah..
    sering gagal drpd sukses..

    ReplyDelete
  17. Mas saya punya DVD RW LG, saya nemu timpot nya dua...gimana cara nyetel nya tuh mas. DVD RW saya juga punya masalah baca CD lancar, pas baca DVD banyak gagal dari pada sukses nya
    trimakasih sebelum nya

    ReplyDelete
  18. nah, kalo DVD drive pasti ada dua, satu buat optikDVD, satu lagi buat optik CD (cmiiw).. saya juga gak tau pasti yang mana yang buat baca. coba coba aja yah?

    ReplyDelete
  19. saya dah coba mas..tapi aneh nya tetap aja dia milih2 dvd mas, maksud saya pas stelan nya saya geser ke satu titik dia bisa baca dvd fim yg sebelum nya gak bisa baca ,tapi gak bisa baca dvd copyan/blank data yag saya punya mas,yg sebelumnya bisa kebaca, pas saya geser ketitik lain bisa baca dvd copyan saya tapi gak bisa baca dvd film nya lg, gimana itu mas...trimakasih atas bantuasn nya ...

    ReplyDelete
  20. memang begitu menyetel trimpot drive optik. Jadi harus presisi banget. Nyetelnya dikit aja. Malah muter trimpotnya saking sedikitnya, posisi trimpotnya keliatan gak berubah, padahal settingan udah beda lho.

    ReplyDelete
  21. cara setting trimpot di optical drive buat laptop gmn gan?aku liat ada 2 baut kecil buat settingannya aku otak atik itu kadang baca kadang ga bingung jg yg mana yg sebenernya disetting biar pas ...soalnya pas bs baca cuma di CD yg bersih n pilih2 kyknya baca disk nya

    ReplyDelete
  22. Kalau buat laptop biasanya di balik optik nya. Pakai obeng yang super kecil. Kalau DVD drive memang ada dua baut, silakan di coba-coba aja, soalnya satu untuk setelan write, dan satu untuk setelan read.

    ReplyDelete
  23. thx bro, tipsnya... udh saya tes di dvd laptop dan berhasil, tetapi memang harus betul-betul presisi muternya di kedua trimpot dvd.

    ReplyDelete