Monday, September 8, 2008

Season 2008 | Race 13 : Belgia-Spa Francorchamps | 7 September 2008

GP Belgia : Lewis memenangkan Race of The Year

Lewis Hamilton memenangkan sebuah lomba yang akan diingat sebagai lomba terbaik musim ini, mengambil alih pimpinan lomba setelah pergulatan yang seru dengan Kimi Raikkonen dan hujan.

Raikkonen mengambil alih pimpinan lomba dari Hamilton di lap kedua setelah Hamilton spin MP4-23 nya dan tetap menjaga jarak dua sampai lima detik di depannya hingga tiga lap terakhir.

Tapi itu semuanya berakhir saat hujan turun!

Lintasan yang basah mengacaukan jalannya lomba, akan tetapi Hamiltonlah yang terbaik yang bisa mengendalikan mobilnya, dengan cepat mendekati Raikkonen. Hamilton mengambil alih pimpinan lomba namun memotong chicane, yang berarti dia harus memberikan pimpinan lomba kembali ke Raikkonen, akan tetapi satu tikungan kemudian dia kembali mengambil alih.

Akan tetapi Raikkonen tidak menyerah begitu saja, dia kembali berada di belakang Hamilton untuk mengambil alih posisinya. Saat itulah Hamilton  keluar jalur lintasan. Sesaat kemudian, Raikkonen kembali spin dan Hamilton kembali mengambil posisi pertama dan akhirnya Raikkonen kehilangan kesempatan melanjutkan pertarungan beberapa detik kemudian saat dia menabrakkan F2008-nya ke pembatas.

Terhentinya Raikkonen berarti Felipe Massa finish di posisi kedua sementara tim BMW yang berpikir cepat memastikan Nick Heidfeld bergerak dari posisi tujuh ke posisi tiga dengan hanya tiga lap tersisa setelah timnya memutuskan untuk mengganti ke ban basah di F1.08 nya.

Hamilton ditarik dari kemenangan GP Belgia

Dalam keputusan yang kontroversial, Lewis Hamilton dicopot dari kemenangannya di GP Belgia.

Setelah meneliti kembali rekaman video pertarungannya dengan Kimi Raikkonen dimana dia memotong chicane di tikungan sebelum dia mendahului Kimi, pengawas lomba menambahkan 25 detik ke waktu total lombanya walaupun Lewis menunjukkan dia memberi jalan dahulu pada Raikkonen sebelum kembali mengambil alih pimpinan lomba.







Sebagai hasil dari hukuman pemgawas lomba, Hamilton diturunkan ke posisi ketiga dari posisi puncak dan, dengan Felipe Massa mendapatkan posisi puncak, poin klasemen menjadi hanya berbeda dua point. Jika hasil kemarin tidak berubah, poin Hamilton akan berbeda delapan point.

Berbicara setelah lomba, Raikkonen menolak untuk menjelaskan apa kesalahan lawannya.



Hamilton sendiri-bersama bos McLaren Ron Dennis yang telah menjelaskan bahwa timnya telah menghubungi Race Director saat lomba untuk menjelaskan Hamilton telah bertindak sesuai peraturan-dan tetap kukuh menyatakan bahwa Lewis tidak mendapatkan keuntungan setelah dia membiarkan Raikkonen untuk kembali di depan.

Sebenarnya ini merupakan kemenangan yang menakjubkan bagi Hamilton. Adanya perubahan hasil akan menempatkan olahraga ini kedalam keraguan kredibilitasnya.

Berikut hasil dari Season 2008 | Race 13 : Belgia-Spa Francorchamps | 7 September 2008

01 L. Hamilton McLaren 1:22:44.933 
02 F. Massa Ferrari + 14.400 
03 N. Heidfeld BMW + 23.800 
04 F. Alonso Renault + 28.900 
05 S. Vettel Scuderia Toro Rosso + 29.000
06 R. Kubica BMW + 29.4000 
07 S. Bourdais Scuderia Toro Rosso + 31.100 
08 T. Glock Toyota + 56.500 
09 M. Webber Red Bull + 57.200 
10 H. Kovalainen McLaren + 1 laps 
11 D. Coulthard Red Bull + 1 laps 
12 N. Rosberg Williams + 1 laps 
13 A. Sutil Force India F1 + 1 laps 
14 K. Nakajima Williams + 1 laps 
15 J. Button Honda + 1 laps 
16 J. Trulli Toyota + 1 laps 
17 G. Fisichella Force India F1 + 1 laps 
Did not finish 
18 K. Räikkönen Ferrari + 3 laps 
19 R. Barrichello Honda + 24 laps 
20 N. Piquet jr. Renault + 31 laps

No comments:

Post a Comment